Kembangkan Visiting Jogja, Hidupkan Pariwisata

YOGYA, KRJOGJA.com – Sektor pariwisata di DIY kembali menggeliat setelah level PPKM diturunkan. Namun langkah preventif tetap harus dijalankan demi mencegah penyebaran Covid-19 yang masih perlu terus diwaspadai. Protokol kesehatan dapat diterapkan salah satunya dengan metode transaksi nontunai. Kerja sama Bank Indonesia, Bank BPD DIY, dan Dinas Pariwisata DIY telah melahirkan layanan pembayaran nontunai melalui aplikasi Visiting Jogja.

“Melalui aplikasi berbasis sistem operasi Android, wisatawan dapat pesan tiket masuk destinasi wisata secara online. Beberapa waktu lalu, telah dilakukan penandatanganan kerja sama antara PT Bank BPD DIY dengan Dinas Pariwisata DIY untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Bentuk kerja sama itu di antaranya diimplementasikan dalam program integrasi aplikasi Visiting Jogja dengan QRIS BPD DIY,” kata Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad, Senin (20/9/2021).

Santoso mengatakan, integrasi itu sebagai penambahan menu sistem pembayaran dalam aplikasi Visiting Jogja untuk reservasi tiket secara online melalui scan QRIS yang diterbitkan Bank BPD DIY, dalam rangkaian uji coba pembukaan tempat wisata di DIY.

Aplikasi Visiting Jogja menjadi solusi bagi pengelola destinasi wisata, mengingat salah satu syarat uji coba pembukaan destinasi wisata yaitu wisatawan dapat melakukan reservasi online.

“Hal ini memberikan kemudahan, keamanan, serta kenyamanan bagi wisatawan karena pembelian tiket dapat dilakukan sebelum berkunjung ke objek wisata. Pembayaran juga dapat dilakukan secara online dan seketika (real time),” terang Santoso.

BERITA REKOMENDASI