Kembangkan Visiting Jogja, Hidupkan Pariwisata

Menurut Santoso, setelah wisatawan melakukan reservasi tiket secara online dengan memasukkan jumlah tiket yang akan dibeli, aplikasi Visiting Jogja akan menampilkan QRIS yang dapat diunduh dan otomatis tersimpan di galeri handphone. Selanjutnya, wisatawan tinggal membuka aplikasi Mobile Banking Bank BPD DIY, mobile banking bank lain, atau aplikasi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) seperti fintech yang telah memiliki fitur scan QRIS.

Ini merupakan implementasi fitur QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM) yang memungkinkan berjalannya transaksi dari jarak jauh. Selain membantu pemulihan pariwisata, penggunaan QR Code yang telah terstandar secara nasional melalui Quick Response-Code Indonesian Standard (QRIS) dapat turut mendorong pertumbuhan di sektor lain.

“Cukup dengan smartphone dan aplikasi pembayaran, maka transaksi dapat berjalan. Pembeli tidak perlu repot menyiapkan uang tunai. Sementara penjual diuntungkan karena transaksi yang aman dan dana dapat langsung masuk ke rekening simpanan,” jelasnya.

Bank BPD DIY saat ini telah memiliki lebih dari 43.000 merchant QRIS, atau sekitar 15 persen dari keseluruhan jumlah merchant QRIS di DIY.(Ria)

BERITA REKOMENDASI