Kerinduan Tak Terlupakan di Desa Wisata Borobudur

Editor: Agus Sigit

 

Oleh : Hj Nany Noor Kurniyati SE MM MSc

SELAIN  Candi Borobudur yang sudah mendunia, masih banyak pilihan aktivitas wisata seru yang bisa dinikmati di Desa Wisata Borobudur yang membuat  ingin tetap tinggal di desa ini. Wisata gowes mengelilingi kampung wisata Borobudur menjadi pengalaman  indah tak terlupakan. Suasana perkampungan yang ramah, alam yang asri, kesejukan udara yang menjadikan tubuh ini terasa segar sambil melihat kemegahan Candi Borobudur dari segala arah.

Wisata gowes  yang menyehatkan

Desa wisata  ini terletak sangat dekat dengan Borobudur dan telah lama menjadi tujuan wisatawan mancanegara dan nusantara. Melengkapi aktivitas wisata yang sudah ada, wisata gowes menjadi alternatif paket wisata yang dapat mencakup seluruh aktivitas yang ada disemua Desa Wisata Borobudur. Dibagian barat terhampar perbukitan menoreh yang hijau, dibagian timur terdapat pasar tradisional, bagian utara kawasan wisata Candi Borobudur dan bagian selatan kawasan home stay, kuliner dan usaha jawa wisata lainnya. Tak kalah menariknya dilintasi aliran sungai Elo yang berjajar balkondes kelas dunia.

Keunikan wisata gowes meliput, pertama, aktivitas wisata lebih fleksibel baik dalam pengaturan waktu maupun pengaturan jumlah peserta. Misalnya, pengaturan kapan aktivitas dimulai dan berakhir, aktivitas dilaksanakan secara perorangan, keluarga maupun rombongan. Kedua, selain dapat menikmati keindahan dan atraksi wisata juga dapat meningkatkan kesehatan. Ketiga, biaya yang sangat terjangkau yaitu sewa sepeda hanya Rp 15-20 ribu untuk satu hari, dibandingkan dengan menggunakan shuttle atau transportasi lokal biaya setiap orang rata-rata bisa mencapai Rp 100 ribu untuk durasi 2-3 jam.

 Keempat, banyak jalur alternatif menuju destinasi wiata menarik yang ada di kawasan wisata Borobudur yang mungkin tidak dapat dilalui kendaraan jenis tertentu. Kelima, wisatawan dapat menyesuaikan tema olahraga dan rekreasi atau memilih tema klasik dengan menyewa sepeda Ontha, sehingga mendapatkan kesan berada pada suasana kehidupan zaman penjajahan atau kehidupan ditengah masyarakat  lampau, sehingga wisatawan mendapatkan kepuasan jasmani dan rohani.

Dukungan Fasilitas Wisata

Untuk menikmati wisata gowes ke seluruh wilayah dan tempat menarik disekitar desa wisata, pengunjung dapat datang satu hari sebelumnya menginap di penginapan/home stay atau balkondes kelas dunia dengan harga yang sangat terjangkau mulai Rp 150 ribu.

Wisatawan tidak perlu repot membawa sepeda dari rumah, karena telah tersedia pusat persewaan sepeda yang harganya sangat murah yaitu  Rp15 ribu – Rp 20 ribu per hari. Tersedia dua jenis sepeda yang dapat disewa yaitu sepeda gunung atau sepeda klasik, lengkap dengan perlengkapan keselamatan asesoris, sehingga wisatawan dapat memilih gaya klasik atau gaya kekinian. Tersedia juga layanan penjemputan bagi wisatawan yang mengambil rute separuh perjalanan.

Kuliner dan jajan pasar tradisional tersedia untuk melengkapi aktivitas wisata gowes. Wisatawan dapat menikmati aneka jajanan pasar secara langsung dengan berbelanja di pasar trasisional atau menikmati di outlet kuliner yang tersedia, ada kedai kopi yang menyajikan kopi nikmat khas Magelang dilengkapi kue clorot dan camilan godhog atau di goreng.

Khusus bagi wisatawan gowes dengan mudah dapat menemukan kedai dengan tema PIT STOP artinya kedai yang menyediakan menu makanan dan minuman dengan harga yang sangat murah mulai dari seribu rupiah sesuai  pecinta sepeda untuk rehat sejenak sebelum melanjutkan aktivitas gowes.

Bagi rombongan,  kini telah tersedia armada bus yang disetting untuk mengangkut sepeda atau mobil-mobil terbuka sebagai sarana transportasi dan pengangkutan, sehingga bagi wisatawan dari luar kota dapat langsung di jemput dari Bandara atau Stasiun Kereta Api tujuan Semarang atau Yogyakarta.

Dukungan fasilitas lain yang tersedia diantaranya toko cindera mata dan oleh-oleh batik tulis khas Magelang dan kerajinan tangan, bumi perkemahan, atraksi kesenian, rafting dan ruang pertemuan yang disewakan untuk umum.

Pengalaman  sangat memuaskan

Bukan fasilitas hotel berbintang dan restoran mewah, kepuasan yang wisatawan rasakan adalah, kepuasan jasmani dan rohani setelah menikmati pesona wisata yang sangat unik. Aktivitas wisata dimulai belanja di pasar tradisional, bersepeda berkeliling desa dan destinasi wisata Punthuk Setumbu, Gereja Ayam atau Bukit Rhema, Bukit Barede, Kebun Buah dan Balkondes, menikmati kuliner mangut lele dan menu Magelangan.

Puas rasanya menikmati pengalaman yang berbeda dengan berwisata gowes, Pikiran kembali fresh, badan jadi sehat dan rasa kerinduan yang terus ada merasakan kehidupan suasana desa yang damai, kehangatan masyarakat sekitar dan aneka kuliner yang  memuaskan ala pedesaan. Harapan kami pada kunjungan yang akan datang di Desa Wisata Borobudur semoga  ada sesuatu yang atraktif, tetap terjaga kelestarian alam dan Sapta Pesona Wisata.

(Penulis adalah Juara II Kategori Desa Wisata Borobudur)

BERITA REKOMENDASI