Libur Panjang, Yuk.. Berkunjung ke MGM

SLEMAN, KRJOGJA.com – Libur panjang dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk mengunjungi objek wisata. Salah satunya di Museum Gunungapi Merapi (MGM) yang berada di Jalan Kaliurang Km 22 Desa Hargobinangun Pakem. Hingga tengah hari pada  Jumat (30/3/2018), sudah ada 1.303 wisatawan yang masuk.

Sementara itu juga ada enam wisatawan mancanegara yang datang. Dari jumlah itu didominasi pelajar yang datang secara rombongan sekolah. Namun ada juga yang keluarga dengan mengendarai mobil pribadi.

Pengunjung di MGM itu didominasi pelajar, mencapai 60 persen. Bahkan sepanjang 2017 kemarin, 62 persen adalah pelajar dari luar Yogyakarta. Mereka tidak hanya datang saat akhir pekan atau libur saja. Namun juga di hari-hari biasa.

"Jadi pengunjung di MGM itu fluktuatif. Biasanya setelah ujian, pengunjung banyak. Saat masa ujian relatif sepi. Kalau akhir pekan kebanyakan rombongan keluarga," kata Plt Kepala UPT MGM Ari Triono, Jumat (30/3/2018) petang.

Selama Bulan Maret, pengunjung di MGM ada 28.268 orang. Untuk wisatawan mancanegara ada 314 pengunjung.

Salah satu pengunjung datang dari Pare Kediri Jawa Timur. Rombongan Kelas 5 SD tersebut sengaja ke MGM untuk belajar tentang aktivitas Gunung Merapi. Meski lewat miniatur saja.

"Di Indonesia ada banyak gunung aktif. Dengan ke MGM anak-anak bisa belajar langsung. Meski hanya dari miniatur," kata Selvi salah satu guru.(Awh)

BERITA REKOMENDASI