Lumba – lumba Hewan Menggemaskan, Kenapa Dibantai?

SIAPA yang tidak suka dengan Lumba-lumba, hewan yang menggemaskan ini kerap kali dijumpai sedang bermain-main di sekitar kapal, berlompatan kesana kemari, dan kadang bisa disentuh dengan jemari tangan. Berikut ini fakta unik tentang hewan yang ramah ini, lumba-lumba:

– Lumba-lumba bukan ikan, tapi mamalia

Walau hidup di air, Lumba-lumba bukanlah ikan, Lumba-lumba adalah mamalia, dengan Paus dan porpois termasuk ke dalam keluarga lumba-lumba. Layaknya mamalia lain, Lumba-lumba pun berdarah panas, dan bernafas menggunakan paru-paru dengan lubang nafasnya ada di bagian atas tubuh yang memudahkannya bernafas di permukaan air.

– Perenang yang hebat

Lumba-lumba adalah perenang yang hebat, walau tidak segesit Anjing Laut, Lumba-lumba dapat berenang secepat 55.5 km per jam, bentuk tubuhnya bisa beradaptasi dengan arus air sehingga bisa berenang secepat itu. Tubuh mereka yang besar di depan lalu mengecil ke belakang dengan buntut sebagai penggerak sangat membantu manuver Lumba-lumba di laut.

-Lumba-lumba suka berenang dekat kapal

Tahu gak kenapa Lumba-lumba suka melompat keluar dari air? Itu dilakukan karena mereka hendak melihat keadaan, salah satunya hendak melihat posisi kapal. Lumba-lumba suka berenang di dekat kapal, karena itu mereka sering sekali nampak berada mendekat ke kapal, ilmuwan menyakini bahwa alasan kenapa Lumba-lumba suka berenang di dekat kapal adalah agar mereka bisa menghemat energi dengan menunggangi arus yang diciptakan oleh kapal, cerdas sekali ya!

– Miliki pendengaran yang baik

Lumba-lumba memiliki pendengaran yang sangat baik dan bisa digunakan di udara maupun di air sehingga beberapa Lumba-lumba bisa selamat hidup walau pun mereka buta. Mereka suka air yang hangat dan mengkonsumsi ikan dan cumi-cumi. Untuk mendapatkan mangsanya, Lumba-lumba menggunakan echolacation atau biosonar. Mereka mengeluarkan gelombang suara ke sekitar mereka dan bila gelombang itu membentur benda lain maka akan memantul balik ke si Lumba-lumba, disaat itulah mereka bisa menentukan dimana lokasi tepat mangsanya. Canggih!

– Lumba-lumba hamil selama 9-17 bulan

Untuk memiliki anak, induk Lumba-lumba akan hamil selama 9 sampai 17 bulan, tergantung jenisnya dan bila masa bersalin akan tiba induk Lumba-lumba akan  menjauh dari kelompok mendekati permukaan air, tujuannya agar anak Lumba-lumba yang baru lahir dapat segera mengambil nafas pertamanya. Sekali hamil induk hanya melahirkan 1 anak dan jarang melahirkan anak kembar.

– Lumba-lumba berumur panjang loh!

Lumba-lumba dapat mencapai usia 40 tahun. Setelah lahir anak lumba-lumba akan diasuh sampai usia antara 11 sampai 24 bulan. Selesai diasuh anak lumba-lumba akan tetap bersama induknya antara usia 3 sampai 8 tahun. 

Ada 40 jenis lumba-lumba di dunia dan 16 jenis diantaranya ada di Indonesia. Tiga diantaranya yang paling populer adalah Lumba-lumba hidung belang (Stenella coeruleoalba) dengan panjang sampai 2,7 meter dan berat sampai 160 kg, lalu ada Lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) dengan panjang tubuh 2 sampai 4 meter dan berat 135 sampai 635 kilogram, dan terakhir adalah Lumba-lumba hidung botol indo-pasifik (Tursiops aduncus) dengan panjang tubuh 2,6 meter dan berat sampai 230 kilogram.

BACA JUGA: Diambil Daging dan Siripnya, Lumba – lumba Ditemukan Mati Mengenaskan. (*)

BERITA REKOMENDASI