Margorejo, Pabrik Kopi Tertua di Semarang Tak Ingin Punah

SEBUAH bangunan kuno di Jalan Wotgandul Barat Nomor 14 Semarang ternyata menyimpan sejarah perjalanan industri kopi nusantara. Rumah Kopi, demikian rumah tersebut kini mendapat julukan.

Widayat Basuki SH, merupakan generasi ketiga. Awalnya sang kakek Dharmowiyono pada tahun 1915 mendirikan pabrik kopi bernama Margorejo di rumahnya Jalan Wotgandul Barat. Saat itu memulai industri kecil-kecilan dan mulai berkembang dan ekspor hingga ke beberapa negara tetangga. Hingga pada akhirnya industri kopi ini pun surut pasca pecah perang dunia hingga datang Jepang menguasai Indonesia.

Saat sekutu yang dibonceng Belanda tiba di Semarang, justru bertiup angin segar. Para petinggi Belanda mendatangi Pabrik Margorejo dan memintanya agar beroperasi kembali. Tak tanggung-tanggung, kendala tak adanya pasokan aliran listrik pun dijawab otoritas Belanda dengan mendatangkan bantuan mesin diesel kapal.

Pabrik Kopi Margorejo akhirnya berproduksi kembali khusus melayani orang-orang Belanda hingga akhirnya mereka kembali ke negaranya karena penyerahan kekuasaan ke Indonesia.

BERITA REKOMENDASI