Mau Liburan Keliling Dunia dalam Sehari? Ke Merapi Park Saja

YOGYAKARTA tidak akan pernah kehabisan lokasi wisata menarik bagi keluarga. Selalu ada hal atau lokasi baru setiap hari. Perkembangan teknologi informasi juga semakin mempercepat pertumbuhan karena semakin viral atau dikenal masyarakat luas. Misalnya di Merapi Park yang berada di Jalan Kaliurang KM 22, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Lokasi ini sering disebut The World Landmarks karena menyediakan banyak miniatur dari beberapa icon terkenal kota-kota besar di seluruh dunia. Bisa dikatakan pengunjung bisa mengunjungi dunia dalam sehari dengan murah karena setiap orang hanya membayar tiket masuk sekira Rp 20 ribu saja.  Sedangkan untuk masuk area  kids waterpark pengunjung dikenakan biaya Rp. 10.000/orang. Lalu, untuk keperluan parkir kendaraan, biaya parkir di Merapi Park dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Merapi Park ini terdapat beberapa ikon dunia seperti menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty, telepon umum London, Big Ben, kotak pos London, dan masih banyak lagi. Miniatur tersebut dikelilingi taman bunga berwarna-wangi indah dan cantik untuk menjadi background foto. Taman bunga di tata dengan rapi danindah, dengan pemilihan bunga memperhatikan kombinasi warna-warni bunga. Kondisi ini membuat wisatawan nyaman dan betah untuk berlama lama di taman Merapi Park.

Di lokasi ini pengunjung bisa sepuas-puasnya berselfie ria. Tak perlu kuatir karena tersedia fasilitas demi mendukung kenyamanan pengunjung sehingga betah berlama lama di taman ini. Fasilitas itu seperti Gazebo, Bangku panjang untuk beristirahat bila kelelahan saat berkeliling dunia. Termasuk taman bunga nan indah.  Uniknya, saat memasuki lokasi pengunjung langsung disambut gerbang besar menyerupai Brandenburg Gate Berlin. Miniatur Gate bersejarah ini bahkan bisa dicapai sebelum membeli tiket di loket masuk. Pengunjung seakan dibawa menikmati suasana kota Berlin.

Kawasan Bhumi Merapi Park

Bigben Digemari Pengunjung

Big Ben merupakan salah satu miniatur landmark yang sangat populer dan digemari oleh pengunjung Merapi Park untuk berfoto. Anda tentu saja harus bersabar untuk antri, menunggu giliran foto apabila The World Landmarks Merapi Park Jogja sedang ramai pengunjung. Selain itu, Miniatur Menara Eiffel. Hal ini sangat mungkin disebabkan oleh populernya kota paris sebagai kota romantis, tempat tujuan jalan jalan pasnagan kaya saat berwisata ke luar negeri. Belum lagi kota paris juga diangkat dalam beberapa film nasional sebagai kota romantis.

Miniatur lain juga tak kalah populer dan langsung menjadi sasaran pengunjung. Sebut saja Menara miring Pisa (Leaning Tower of Pisa), Patung Liberty (Statue Of Liberty), Kincir Angin Belanda, Pagoda dan New York Love Sculpture. Meskipun masih baru, tetapi wahana ini menjadi salah satu wahana yang sangat digemari untuk berfoto, terutama para kawula muda. Bagaimana tidak, wahana ini merupakan sebuah letter huruf tiga dimensi yang membentuk tulisan LOVE atau yang berarti cinta. 

Target bidikan kamera berikutnya adalah telepon Box dan Post Office Box London dan tokoh Kartun Masha and the Bear. Kartun ini menceritakan tentang seoran gadis kecil yang suka berpetualang bersama beruang temannya. Di lokasi ini, pengunjung akan melihat tokoh masha sedang ditopang oleh Bear yang sedang tiduran. Tentu saja ini sangat menarik bagi anak anak yang bisa berfoto bersama tokoh kartun kesayangannya.

Cowboy Town

Coboy town. Image via: @Merapipark

Puas berkeliling dunia dalam hitungan menit bahkan jam, pengunjung bisa menikmati Area Cowboy Town. Di lokasi ini pengunjung diajak u Jalan-jalan sambil berkuda, menikmati keindahan alam sekitar. Pengunjung juga bisa berselfie dengan latar kuda atau sedang menunggang kuda. Seluruh pengalaman berkuda itu dapat dinikmati dalam suasana sejuk udara pegunungan.

Saat menyewa kuda, pengunjung juga bisa memilih untuk menggunakan aksesoris ala coboy, seperti topi atau jaket indian. Untuk menikmati fasilitas berkuda ini, pengunjung dikenakan iaya Rp. 15.000 saja.

Saat berjalan jalan ke Merapi Park, Anak-anak memiliki tempat khusus di lokasi ini. Di fasilitas khusus anak ini anak anak diberikan kesenangan berupa kesempatan main air dan juga kesempatan bermain di area taman yang berisi patung patung hewan. Untuk menikmati fasilitas main air dan dan replika taman satwa, pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000 saja.

Menarik bukan?, sudah saatnya untuk menyisihkan waktu untuk berpetualang singkat dan mendapatkan pengalaman baru. Namun, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan olehpengunjung sebelum bekunjung seperti mengecek kondisi kendaraan karena jalan menuju lokasi melalui tanjakan dan cukup berliku. Lalu, usahakan datang di hari kerja, agar lebih leluasa berfoto. Namun, jika tidak memungkinkan dan datang di akhir pekan, usahakan datang sepagi mungkin. 

Hal terpenting menjaga kebersihan dan tidak melakukan corat-coret di area wisata. Jangan lupa embawa baterai cadangan atau Power Bank dengan isi full agar puas berfoto di setap sudut destinasi wisata menarik ini. (*)

BERITA REKOMENDASI