Menembus Belantara Oxigen Park Bagai di Masa Pra Sejarah

Editor: Ary B Prass

 

KAWASAN Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Kaliurang, Sleman,Yogyakarta yang selama ini sebagai hutan penelitian, akan dibuka sebagai tempat wisata umum berlabel Oxigen Park.

Membelah belantara dibawah rerimbunan pepohonan tua di kawasan hutan wisata dan penelitian ini, memberikan sensasi luar biasa. Udara murni yang segar melegakan pernafasan. Hijau daun yang menaungi perjalanan memberikan kesejukan di mata dan fikiran. Kicauan burung dan bunyi serangga hutan sangat menenangkan dan mengingatkan pada sang Pencipta.

Jalan setapak di hutan dengan rintangan beberapa kayu lapuk yang telah ditumbuhi lumut seperti berada di masa pra sejarah. Pohon-pohon besar yang tumbang karena usia tua ataupun rusak akibat erupsi Gunung Merapi terserak di segala penjuru hutan Oxigen Park.

Pohon kayu mati tersebut tidak boleh dibawa keluar hutan, dan dibiarkan rapuh serta akhirnya hancur menyatu kembali dengan tanah di hutan tersebut. Ratusan pohon aren yang berbuat lebat menghiasi kawasan ini. Pohon-pohon Nyamplung yang sudah langka berderet rapi diatas ngarai.

 

BERITA REKOMENDASI