Mengenal Gunung Prau, Pesona Cantik Jawa Tengah Yang Tak Boleh Terlewatkan

Editor: Ivan Aditya

KAWASAN Pegunungan Dieng memang punya banyak pesona yang tidak boleh dilewatkan. Bukan hanya Gunung dan Lembah Diengnya saja yang cantik, tetapi juga gunung-gunung yang ada di sekitarnya, salah satunya adalah Gunung Prau.

Gunung dengan ketinggian 2.590 mdpl ini belakangan mulai populer di kalangan para traveler. Selain karena kecantikannya, Gunung Prau juga relatif mudah untuk didaki daripada gunung lainnya.

Sunrise Cantik


Foto : Eko Raharjo/wikipedia.org

Pesona utama dari Gunung Prau adalah sinar matahari terbitnya. Dari puncak Gunung Prau, sunrise tampak begitu memukau. Terlebih ketika awan masih tebal di bawah kaki dan terkadang embun membeku, tampak berkilauan diterpa sinar matahari. Sebuah pemandangan super cantik dari atas awan yang membuat banyak orang rela untuk mengejarnya hingga ke puncak.

Dari kawasan camping ground Gunung Prau, kamu bisa melihat lima gunung sekaligus. Mulai dari Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan Lawu. Jika cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat Gunung Slamet juga, lho.

Jalur ke Gunung Prau


Foto : Azen Squad/youtube.com

Banyak cara untuk menuju Gunung Prau yang terletak di Batang Kendal, Wonosobo ini. Yang paling populer adalah jalur Patak Banteng yang merupakan rute terpendek untuk mencapai puncak. Selain itu juga ada jalur Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Wates dan Campurejo yang juga bisa ditempuh jika ingin mendapatkan pengalaman berbeda.

Transportasi Menuju Gunung Prau


Foto : @kang_ager_sd/instagram.com

Cara paling mudah untuk menuju Wonosobo adalah dengan menggunakan jalur darat. Kamu bisa menumpang kereta api sampai stasiun terdekat, lalu melanjutkan dengan mobil/motor ke Wonosobo. Atau bisa juga dengan terbang ke Yogyakarta, lalu melanjutkan perjalanan darat.

Tak Punya Dana, Pakai PayLater Traveloka Aja

Untuk mendaki gunung, tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Terutama untuk urusan transportasi dan akomodasi. Sedang tidak punya budget tapi cuaca sedang amat cerah untuk menikmati Gunung Prau? Jangan sedih dulu.

Sekarang kamu bisa memanfaatkan PayLater dari Traveloka untuk menikmati indahnya Gunung Prau. Dengan fitur ini, tiket kereta atau pesawat serta hotel tempat menginap selama transit sebelum mendaki bisa dibayarkan dulu oleh Traveloka.

Caranya mudah saja. Kamu cukup mendaftar di PayLater Traveloka yang tersedia di aplikasi di ponsel kamu. Siapkan KTP dan identitas pendukung seperti SIM, Kartu BPJS, NPWP dan KK. Serta masukkan nomor keluarga yang tidak tinggal serumah yang bisa dihubungi oleh pihak Traveloka.

Setelah proses pendataan dan verifikasi selesai, kamu bisa langsung menggunakan fitur ini untuk transaksi.

Gunakan PayLater di Hari dan Jam Kerja

Agar transaksimu dengan PayLater lancar, pastikan untuk melakukan transaksi di hari dan jam kerja. Karena Traveloka memerlukan waktu kurang lebih satu jam untuk verifikasi data, dan setelah semua lengkap, dalam waktu satu jam dana kamu akan cair.

Carilah dulu tiket kereta atau pesawat dan hotel yang kamu incar. Setelah dapat, ajukan PayLater dan dapatkan pinjaman yang bisa kamu bayar dalam tempo 1 sampai 12 bulan.

Dengan pinjaman yang bisa mencapai Rp 10 juta. Kamu bisa liburan ke mana saja tanpa pening dengan biaya di depan. Liburan dulu, PayLater kemudian.

Jika transaksimu dengan PayLater lancar, maka kamu akan mendapatkan kemudahan pada pinjaman PayLater berikutnya. Liburan mudah dengan Traveloka, hati pun gembira!

BERITA REKOMENDASI