Menjelajah Rumah Akhir Hayat dr Radjiman Wedyodiningrat di Walikukun

Editor: Ary B Prass

NGAWI, KRJOGJA.com – dr KRT Radjiman Wedyodinigrat merupakan salah satu tokoh pendiri bangsa Indonesia yang kita kenal luas sebagai Ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) juga salah satu pendiri organisasi Boedi Oetomo. Ia lahir di Yogyakarta pada 21 April 1879 dan meninggal dunia di Kabupaten Ngawi, 20 September 1952 pada usia 73 tahun.

dr Radjiman Wedyodiningrat menghabiskan masa muda di Yogyakarta, bersama sang paman dr Wahidin Sudirohusodo. Ia lantas menempuh sekolah di Sekolah Dokter Jawa, Betawi bersama sepupunya Sulaeman, putra dari dr Wahidin.

Ia lulus sekolah dokter Jawa pada bulan Desember 1898, lalu mulai mengabdikan diri sembari tetap bersekolah. Ia juga tercatat lulus sebagai Master of Art pada usia 24 tahun dan sempat pula belajar di beberapa negara seperti Belanda, Prancis, Inggris dan Amerika.

Sejak tahun 1938, Radjiman bersama keluarganya memilih tinggal menepi di Kabupaten Ngawi Jawa Timur, tepatnya di Kauman, Dirgo, Widodaren, Walikukun, sekitar 30 kilometer dari Ngawi. Rumah tempat tinggal dr Radjiman di sana memang tampak sederhana, namun tanahnya cukup luas hingga 1,5 hektare.

BERITA REKOMENDASI