Pesona Hutan Pinus Mangunan Bius Wisatawan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL memang menyimpan sejuta keindahan alam, tak heran jika wisatawan dari luar kota rela berdatangan untuk menikmati keindahan kabupaten paling selatan DIY ini. Salah satu tempat wisata yang digemari pengunjung adalah Hutan Pinus Imogiri. Terletak di Dusun Nganjir, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, hutan pinus menyimpan sejuta keindahan.

Pohon pinus yang menjulang tinggi membuat indah suasana di sekitarnya. Pertama kali datang ketempat ini, pengunjung akan merasakan udara sejuk dan hamparan pohon pinus di depan mata.

Novitasari (20),  pengunjung asal Jakarta merasa senang bisa berkunjung ke tempat ini. “Bagus sih tempatnya, sama kaya yang saya lihat di instagram,” ungkapnya.

Ia sengaja mendatangi tempat ini karena saat ini ia tengah mudik ke Yogyakarta. Selain ke tempat ini, ia juga berkunjung ke Kebun Buah Mangunan yang terletak tidak jauh dari hutan pinus.

Saat liburan seperti ini pengunjung meningkat 3 kali lipat. Margono (34), salah satu penjaga parkir Wisata Hutan Pinus Imogiri mengatakan, pengunjung didominasi berasal dari luar kota. “Dari tanggal 1 kemarin peningkatan pengunjung sudah terlihat, rata-rata berasal dari luar kota seperti Jakarta, Solo dan Surabaya,” terangnya.

Tak hanya datang untuk berwisata, beberapa orang juga memanfaatkan tempat ini untuk foto prewedding. Keindahan tempat ini menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih lokasi prewedding. Selain prewedding tempat ini juga kerap kali dijadikan tempat shooting video klip.

Untuk mempercantik foto, pengunjung bisa menyewa hamock. Hanya dengan tarif Rp 10.000 pengunjung bisa menyewa hamock sepuasnya. Bagi pengunjung yang tidak membawa kamera, di tempat ini ada tempat penyewaan kamera dan go-pro dengan harga yang cukup terjangkau.

Jika tak ingin repot-repot memotret sendiri disini juga ada jasa foto langsung jadi, sehingga pengunjung bia langsung mengambil hasil fotonya ketika mereka akan pualang. Wisata Hutan Pinus juga dilengkapi dengan fasilitas seperti mushola, toilet, ruang ganti dan kantin yang menjajakan makanan-makanan dengan harga yang cukup murah. Bagi anda yang sedang berada di daerah Yogyakarta dan sekitarnya tempat ini wajib anda kunjungi. (Kristi Dwi Utami)

BERITA REKOMENDASI