Potensi Luar Biasa Desa Wisata Pagerharjo

Editor: Agus Sigit

Oleh: Anisa Hidayati

PAGERHARJO merupakan wilayah Kabupaten Kulonprogo yang berbatasan dengan Jawa Tengah. Wilayah ini memiliki potensi luar biasa, utamanya di sektor pertanian dan perkebunan. Desa Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh ini juga memiliki beragam potensi wisata yang dari dulu hingga sekarang tetap eksis, di antaranya Kebun Teh Nglinggo, Puncak Suroloyo, Grojogan Watu Jonggol, Gunung Jaran Nglinggo dan juga Bukit Ngisis.

Hampir semua destinasi wisata tersebut dikenal luas. Contoh nyatanya, Wisata Kebun Teh Nglinggo selalu ramai pengunjung. Ada beberapa daya tarik kenapa wisata di Desa Pagerharjo diminati banyak wisatawan.

Pertama, akses jalan yang mudah. Jalan menuju ke sana sudah diaspal sehingga memudahkan pengunjung untuk menuju ke destinasi tersebut. Pengunjung bisa mengendarai motor dan juga dapat memakai mobil atau bus (parkir di bawah), sehingga bagi pengunjung dari luar kota atau rombongan tetap dapat berkunjung ke sini.

Namun, saat ingin mengunjungi wisata di Desa Pagerharjo terutama saat ingin ke Kebun Teh Nglinggo, pastikan kendaraan dalam keadaan fit dan siap jalan, baik itu rem, gas, maupun ban agar perjalanan aman dan lancar. Hal ini harus disiapkan karena lokasinya berada di dataran tinggi, sehingga jalannya naik-turun dan berkelok-kelok.

Kedua, suasana yang masih asri dan jauh dari keramaian. Tumbuh-tumbuhan dan daun-daun menghijau akan sering pengunjung temui selama perjalanan maupun saat sudah sampai di lokasi. Udaranya pun sejuk dan menenangkan hati. Saat sampai di lokasi sekitar jam 09.00 pagi pun udara masih seperti jam 06.00 pagi (jika berkunjung ke kebun teh). Keunggulan lainnya, lokasi yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat pikiran menjadi lebih segar dan cocok untuk melepas penat.
Ditambah lagi tersedia tempat untuk istirahat sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. Area sekitar Kebun Teh Nglinggo misalnya, sangat cocok untuk piknik dengan keluarga karena ada pendapa dan warung yang menyediakan makanan. Jadi saat berkumpul dengan keluarga kesayangan, mengobrol akan asyik dan lebih menggembirakan.

Ketiga, fasilitas yang memadai. Jika kita berkunjung ke objek wisata di Desa Pagerharjo, tak perlu risau karena fasilitasnya sudah lengkap seperti kamar mandi, tempat makan, dan tempat salat. Untuk lahan parkir tersedia cukup luas, jadi tidak usah khawatir kendaraan tidak terparkir dengan baik.

Keempat, petugas yang baik dan ramah. Sebelum memasuki kawasan wisata di Desa Pagerharjo, pengunjung akan dihentikan oleh petugas di loket pembayaran untuk membayar biaya masuk. Setelah itu, petugas memberikan arahan kepada pengunjung sesuai tujuan wisata. Jika kita menginginkan pergi ke tempat wisata lain, petugas akan memberikan rekomendasi dan tentunya tak mengecewakan.

Kelima, spot foto yang instagramable. Bagi yang gemar berselfie, jangan risau karena di Desa Wisata Pagerharjo banyak terdapat spot foto yang keren-keren. Dengan background alam hijau dan kabut, ditambah spot foto yang disediakan akan membuat foto menjadi tampak lebih indah. Hal ini sangat menguntungkan pengunjung yang suka hunting foto. Lokasi ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding maupun pascawedding. ***

(Penulis adalah Juara 2 Kategori Desa Wisata Pagerharjo)

 

BERITA REKOMENDASI