Puncak Giri Sembung Banjarasri Kalibawang, Destinasi Wisata Baru Paralayang

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Puncak Giri Sembung di Kalurahan Banjarasri Kapanewon Kalibawang menjadi ‘surga’ baru bagi para pehobi paralayang. Lokasi tersebut menjadi destinasi wisata baru yang dikembangkan Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo bekerjasama Pengurus Daerah (Pengda) Paralayang DIY.

“Spot baru palayang dari Puncak Giri Sembung baru tiga bulan dibuka. Awalnya kami mencari titik yang bisa tempat latihan dan mengembangkan olah raga paralayang. Akhirnya ketemu Puncak Giri Sembung menghadap Timur sehingga sepanjang tahun bisa untuk terbang,” kata Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Paralayang DIY, Alfari di sela Festival Paralayang yang diadakan Dispar setempat, Rabu (17/11/2021).

Selama ini para atlet paralayang DIY berlatih di Watu Gupit, Nglipar, Gunungkidul. “Setelah survei kami lapor ke Lanud Adisucjipto dan persyaratan dipenuhi. Wilayah ini aman sebagai lokasi kegiatan paralayang,” ujarnya.

Festival Paralayang diiikuti puluhan pelayang dari berbagai kota di DIY-Jawa Tengah dan Bali. Para atlet paralayang puas bisa terbang dari puncak Giri Sembung yang cukup menantang dengan view perbukitan yang indah.
Puncak Giri Sembung menawarkan keindahan view yang menarik karena berada di atas perbukitan dan hamparan persawahan.

Ketika terbang pagi akan melihat Gunung Merbabu dan Merapi di kejauhan dan keindahan laut selatan. Sementara kalau siang hari bisa melihat Candi Borobudur.

“Puncak Giri Sembung cocok untuk kegiatan aerowisata. Wisatawan yang ingin terbang bisa tandem dengan ahli paralayang,” ungkap Alfari.

 

BERITA REKOMENDASI