Puncak Giri Sembung Banjarasri Kalibawang, Destinasi Wisata Baru Paralayang

Editor: Ary B Prass

Pelayang dari Karanganyar Jateng yang juga siswa SMA Karangpandan, Karanganyar, Bintang Riski mengaku baru pertama kali terbang di tempat ini. Dirinya menilai Puncak Giri Sembung cukup menantang, karena begitu take off  langsung disambut jurang yang dalam sehingga menjadi sensasi tersendiri dalam ‘penerbangan’.

“Dari delapan lokasi tempat terbang, tempat ini salah satu yang cukup menantang,” tuturnya.

Wabup Fajar Gegana menyambut positif festival paralayang guna mengangkat sekaligus memperkenalkan potensi wisata baru di Kulonprogo. Melalui event tersebut potensi wisata paralayang di Puncak Giri Sembung berkembang dan jadi destinasi wisata yang fenomenal sehingga pemberdayaan masyarakat jalan.

“Kalau even di sini rutin diadakan tentu banyak wisatawan berkunjung. Wisata ini harus dikembangkan dengan melibatkan warga,” katanya.

Kepala Dispar setempat Joko Mursito SSn menjelaskan, festival dibiayai Dana Keistimewaan DIY. Ke depan potensi wisata paralayang akan terus dikembangkan dengan penambahan fasilitas. Harapannya potensi yang ada mampu menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Paralayang jadi variasi baru wisata di Kulonprogo yang harus didukung menjadi destinasi wisata minat khusus,” jelasnya. (Rul)

 

BERITA REKOMENDASI