Siasat Saat Pandemi, Pengusaha Ini Buat Paket Keliling Jogja Nikmati Kopi

YOGYA, KRJOGJA.com – Wiwit Kurniawan harus memutar otak. Sudah lebih dari 3 bulan armada busnya nganggur. Sebagai orang yang bergerak di industri pariwisata, pandemi covid-19 benar-benar membuatnya tak berkutik. Ia kemudian membuat inovasi dengan memodifikasi busnya sehingga bisa digunakan untuk ngopi.

“Kondisi membuat saya harus melakukan sesuatu, kemudian kepikiran membuat paket #CoffeOnTheBus, menikmati kopi di atas bus sambil keliling Jogja,” kata Wiwit pada KRjogja.com, Sabtu (27/6/2020). Pemilik Rejeki Transport ini mengatakan, apa yang dilakukannya adalah salah satu upaya untuk membuat dunia pariwisata di Yogya kembali bisa bernapas.

Wiwit yang juga membuka usaha kafe kopi ini kemudian memadukannya dengan usaha transportasinya. Selain mendapatkan kopi nusantara, penumpang juga mendapat sajian makanan ringan. Dengan uang Rp 50 ribu, penumpang akan keliling Yogyakarta mulai dari Kotabaru-Tugu Jogja-Bugisan-Kotagede-JEC-Janti-Jalan Solo-Kotabaru. Titik keberangkatan dari Kotabaru tepatnya di belakang lapangan SMAN 3 Yogyakarta.

Menurut Wiwit, ia memodifikasi busnya sesuai dengan protokol kesehatan. Misalnya bus yang semula berkapasitas 48 orang ia set menjadi 28 kursi untuk menjaga jarak. Setiap hari ia membagi empat sesi atau kloter yaitu pukul 10.00 WIB, 13.00, 16.00 dan pukul 19.00 WIB.  Setiap selesai digunakan, bus tersebut dibersihkan dengan disenfektan.

BERITA REKOMENDASI