Sstt.. Gua Ini Jadi Incaran Wisatawan Saat ke Yogya

SELAIN tempat wisata yang sudah dikenal masyarakat seperti Kraton dan Malioboro, Yogya juga terdapat tempat wisata lain yang bisa menjadi destinasi saat berlibur ke Yogya, yaitu gua. Yogya menyimpan banyak gua yang berpotensi sebagai tempat tujuan wisata.

Beberapa gua sudah cukup dikenal dan aksesnya mudah, tetapi gua lainnya masih belum banyak dikenal. Tentunya berwisata ke gua memberikan kesan tersendiri dan memberikan pengalaman baru saat berwisata ke Yogya. Berikut beberapa gua yang ada di Yogya dan patut menjadi destinasi wisata Anda.

Gua Jomblang
Pasti namanya sudah tidak begitu asing lagi di telinga. Gua Jomblang sendiri sudah cukup terkenal diantara kalangan pecinta caving dan semakin terkenal lagi setelah menjadi setting sebuah iklan. Gua Jomblang terletak di kabupaten Gunungkidul. Keunikan dari gua ini adalah bentuknya yang vertikal dengan kedalaman hingga 60 meter.

Untuk masuk ke dalam gua, diperlukan peralatan yang memadai dan mengikuti petunjuk dari instruktur terkait, karena tidaklah mudah memasuki gua ini. Terdapat hutan purba yang masih terjaga kelestariannya di dalam gua Jomblang. Yang paling menjadi minat para pengunjung gua yaitu adanya 'Cahaya Surga'.

Cahaya surga adalah cahaya matahari yang turun ke bawah gua menyusuri lorong dan terlihat sangat indah. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan yang ada saat mengunjungi gua Jomblang ini.

Gua Kali Suci
Bagi Anda wisatawan yang menyukai permainan air yang menantang, berkunjung ke Kalisuci tidak boleh dilewatkan. Kalisuci memberikan keindahan dalam gua yang digabungkan dengan permainan air. Apabila ingin menyelusuri kalisuci maka Anda hanya tinggal mendaftar dan membayar biaya restribusi sebesar 70 ribu rupiah, dan Anda sudah siap berpetualang menyusuri gua. Sudah disediakan pelampung, ban dan helm keselamatan serta pemandu pada saat memasuki gua.

Jeram-jeram kecil juga menyambut kedatangan Anda dan cukup memacu adrenalin saat memasuki gua kalisuci. Jangan takut kecewa, keindahan yang diberikan kalisuci akan memanjakan mata dan membuat Anda takjub. Tidak hanya stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam gua, tetapi juga air yang berwarna cantik dan indah.

Gua Pindul
Sudah cukup lama gua pindul menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Gunungkidul. Gua yang indah dan aliran air yang tenang menjadi nilai lebih dari gua ini. Memasuki gua ini, Anda akan dimanjakan dengan stalaktit dan stalakmit yang ada dalam gua. Kurang lebih diperlukan waktu satu jam untuk menyelusuri gua ini. Anda akan menaiki ban dan berjalan berkelompok saat berwisata ke dalam gua pindul.

Tidak lupa pemandu yang selalu siap sedia juga membantu agar perjalanan Anda bisa nyaman dan aman. Rute menuju gua pindul cukup mudah, Anda tinggal menelusuri jalan wonosari hingga menuju pusat kota. Banyak papan pengumuman yang membantu Anda menuju gua pindul.

Gua Gelatik
Tidak seperti gua pindul dan kalisuci yang di dalamnya mengalir air tanah. Gua gelatik merupakan gua horizontal biasa. Tetapi keindahan stalaktit dan stalakmitnya juga tidak kalah cantik. Panjang dari gua ini hanya sekitar 400 meter. Saat memasuki gua, Anda perlu menundukkan badan karena jalurnya yang sangat sempit. Lokasi gua ini sendiri berada di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul dan berdekatan dengan gua Pindul. Jadi kurang lengkap rasanya mengunjungi gua pindul tetapi tidak mampir ke gua Gelatik. (*)

 

BERITA REKOMENDASI