Tumpeng Menoreh, Destinasi Wisata Dahsyat dengan View 3 Gunung

Editor: Ary B Prass

 

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Tumpeng Menoreh, destinasi wisata satu ini memang sempat viral di medsos. Pasalnya dari sini kita bisa memperoleh pemandangan (view) 3 gunung sekaligus: Merapi, Merbabu dan Sindoro-Sumbing.

Selain panorama alam yang mengagumkan, dari resto yang buka 24 jam ini kita juga dapat menyaksikan sunset dan sunrise.

Tumpeng Menoreh letaknya di antara Magelang Jawa Tengah dan Kulonprogo Yogyakarta, tepatnya di desa Ngargoretno.

Seperti namanya, restoran ini memiliki bangunan berbentuk heksagonal dan berbentuk seperti tumpeng, serta dibangun persis di kawasan perbukitan Menoreh.

Tumpeng Menoreh dibuka pada Mei 2021 dan dibangun oleh musisi Erix Soekamti yang juga melibatkan masyarakat dan pemuda setempat yang dinamakan komunitas Gelangprojo.

Erix menerangkan, dirinya ingin mengembangkan wisata Gelangprojo untuk membantu masyarakat setempat dalam mengangkat potensi wisata di daerahnya.

Gelangprojo merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di tiga kabupaten sekaligus, yaitu Magelang, Kulon Progo, dan Purworejo.

“Jadi kami itu Gelangprojo bikin zona secara mandiri, ya, artinya mandiri gerakan masyarakat tanpa bantuan pemerintah.”

“Swadaya kami menggerakkan semuanya. Kami bikin zona jadi biar enggak bertabrakan, tidak ada ego sentral, semuanya bisa bersinergi dengan cara membuat zona sesuai potensinya,” kata Erix.

Ia menjelaskan, nama Tumpeng Menoreh berasal dari perpaduan bukit yang bentuknya seperti tumpeng dan Menoreh sebagai lokasinya.

“Kenapa diberi nama Tumpeng Menoreh? Karena kami punya ikon di bukit belakang bentuknya kayak tumpeng. Kemudian, Menoreh itu karena terletak di perbukitan Menoreh,” kata Erix.

“Tumpeng sendiri kan filosofinya doa ya, tumpeng itu media doa untuk orang-orang Jawa bersyukur,” tambah dia.

Ia berharap, nama Tumpeng Menoreh bisa menjadi doa yang baik dan rasa syukur untuk semua orang

BERITA REKOMENDASI