Wisata Basah-Basahan di Semarang, Yuk Mampir ke Tempat Ini!

Editor: KRjogja/Gus

Kali ini kita akan mengajak kalian untuk berbasah-basah ria. Menjelajahi aliran sungai yang memacu adrenalin dan juga yang pasti membuat kalian merasa gembira. Apa nama kegiatan itu? yup! tepat sekali! Rafting atau tubing. Perbedaan rafting dan tubing sebenarnya hanya terletak pada alat yang akan dipakai untuk menjelajahi aliran sungai. Jika rafting menggunakan perahu karet, tubing menggunakan ban dalam berukuran besar. Biasanya yang digunakan adalah ban dalam truk kontainer.

Letak keseruan rafting maupun tubing adalah bagaimana kalian mengikuti derasnya aliran sungai, berusaha menghindar dari batu-batu besar, dan melihat keindahan alam dari sudut pandang lain. Seru kan!

Jika kebetulan kalian berada di sekitaran Kota Semarang, terdapat tempat wisata di Semarang yang menawarkan wahana tubing, yaitu wisata Arum Jeram Kali Kreo dan Dadi Rejo Rafting. Keseruan apa saja yang bisa kalian rasakan di sana? yuk langsung kita meluncur.

Arum Jeram Kali Kreo

(sumber:arungjeram.wordpress.com)

Tempat wisata di Semarang yang pertama yaitu Arum Jeram Kali Kreo. Berlokasi di Desa Kandri, Semarang Atas, Arum jeram kali kreo ini terbilang baru, jadi jangan heran jika fasilitas dan kebersihan di sana masih terbilang kurang. Namun tenang saja, semua itu tidak akan mengurangi keseruan kok. 

Tempat wisata di Semarang ini juga tercatat dalam sejarah loh. Konon, pada masa penyebaran agama Islam oleh wali songo, Kali Kreo ini digunakan Sunan Kalijogo untuk menghanyutkan 2 kayu jati yang kelak akan digunakan sebagai tiang Masjid Agung Demak. Itu sebabnya Arum Jeram Kali Kreo juga disebut sebagai Ngintir Kalijogo atau dalam bahasa Indonesia berarti menghanyut bersama Kalijogo.

Sebelum ngintir kalijogo, yang wajib kalian lakukan adalah mendengarkan briefing dari penjaga, dan juga yang tidak kalah penting adalah pemanasan. Nah! keseruan bermula saat pertama kali kalian harus melompat menggunakan ban dari atas Dam menuju sungai. Setelah melompat, aliran sungai yang cukup deras sudah menanti kalian.

Rute perjalanan menyusuri aliran sungai di Kali Kreo ini berjarak sekitar 3 KM atau ditempuh sekitar 2 jam. Selain menghadapi jeram yang deras, banyak keseruan yang memacu adrenalin selama perjalanan, seperti menghidar dari batu besar atau batu tajam, dan juga berusaha untuk menyeimbangkan badan agar ban kalian tidak terbalik.

Biaya yang harus kalian keluarkan untuk menikmati wahana air yang satu ini sebesar 100 ribu untuk satu orang. Ada juga loh penginapan di sana, cukup membayar 50 ribu kalian bisa menikmati bermalam dikeliling pepohonan rindang.

Dadi Rejo Rafting

(sumber:pituadventure.blogspot.co.id)

Tempat wisata di Semarang lainnya yang menawarkan wahana rafting adalah Dadi Rejo Rafting. Berlokasi di Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Dadi Rejo Rafting menawarkan 3 rute perjalanan. Mulai dari aliran sungai sepanjang 4 KM, 10 KM, dan yang terpanjang mencapai 20 KM berbatasan dengan Kabupaten Purwodadi. Jadi kalian bisa memilih sesuai keinginan kalian. Disarankan untuk kalian yang pemula dan hanya sekedar coba-coba saja, pilihlah rute dengan panjang 4 KM atau 10 KM saja. Karena selama perjalanan akan menguras tenaga yang cukup besar.

Dengan badan sungai yang lebar, aliran sungai Tuntang ini tidak terlalu deras, meskipun dibeberapa titik sangat deras, tapi sangat aman untuk dilalui. Tidak seperti saat menjelajahi sungai Kreo, sungai Tuntang tidak banyak terdapat batu besar, jadi sangat tepat untuk kalian yang hanya ingin bersantai di atas aliran sungai sambil melihat pemandangan di sekitar.

Itulah tempat wisata di Semarang yang bisa kalian kunjungi untuk memuaskan adrenalin kalian. Tunggu apa lagi? Yuk segera merapat menuju Arum Jeram Kali Kreo dan Dadi Rejo Rafting. Dan masih banyak juga loh tempat wisata di Semarang yang menjanjikan keseruan.

Selamat berlibur.

 

BERITA REKOMENDASI