Kampung Wisata Pipitan Jadi Pilihan ‘Ngabuburit’

BERAWAL dari keresahan melihat area Kelurahan Pipitan di Kota Serang, Banten yang jadi tempat pembuangan sampah, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mengubah Kampung Pipitan yang kumuh menjadi kampung wisata. Kampung ini membuat pengunjung yang datang merasa senang karena menyajikan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati. Selain itu menjadi tempat yang asyik untuk ngabuburit sekaligus berbuka puasa bersama orang-orang tersayang.

Kampung Wisata Pipitan terletak di Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka memberikan pemandangan yang ‘berbeda’ kepada masyarakat Kota Serang. Pada mulanya, pembenahan kampung ini merupakan murni inisiasi dari masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis Pipitan Kreatif.

“Awalnya di sini tempat pembuangan sampah. Karena ada rasa ingin mengubah area ini menjadi lebih bermanfaat, maka saya dan tim Pokdarwis mendirikan Taman Kreatif dan mengubah desa yang kumuh menjadi desa wisata. Mendapatkan respon positif dari warga sekitar, barulah terpikirkan mendesain desa dengan konsep warna-warni,” kata Ahyadi, Ketua Karang Taruna Berkarya Desa Pipitan kepada wartawan, Rabu (28/4 2021) .

BERITA REKOMENDASI