10 Gudeg Legendaris di Jogja untuk Nostalgia

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Libur Lebaran ke Jogja tak afdol kalau tidak mencoba gudeg. Percuma dijuluki ‘Kota Gudeg’ kalau Jogja tidak menyuguhkan gudeg-gudeg dengan rasa yang khas dan lezat.

Di Jogja, masakan berbahan dasar nangka muda serta krecek dengan siraman bumbu areh atau kuah santan yang gurih di lidah ini bisa dijumpai hampir setiap sudut kota dan pasar-pasar tradisional.

Ada 7 tempat makan gudeg legendaris yang merupakan rekomendasi KRJogja.com, mulai dari yang bentuk resto maupun warung lesehan. Meski kalau liburan Idul Fitri begini memang tidak semuanya buka, jadi tidak ada salahnya Anda cek di Google Maps terlebih dahulu.

1. Gudeg Yu Djum
Gudeg ini memang jadi salah satu legenda di Jogja. Meski Yu Djum sendiri sudah wafat, tapi soal rasa gudeg versi ‘kering’ ini tetap oke-oke saja.

Dapur atau pusat gudeg Yu Djum sebenarnya ada di Mbarek Jl Kaliurang, selain di sini juga ada Yu Djum daerah Wijilan yang juga ramai dikunjungi wisatawan, serta beberapa cabang lainnya.

Bumbu Gudeg Yu Djum yang manis dipadu dengan kuah yang pedas mampu membuat sensasi rasa yang tidak terlupakan. Gudeg Yu Djum juga menyediakan paket kendil yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara.

2. Gudeg Hj. Ahmad
Gudeg Bu Hj. Amad dapat menjadi pilihan jika Anda sedang jalan-jalan di sekitar UGM. Lokasinya ada di Jalan Kaliurang KM 4,5 Blok CT3 Nomor 5, Kocoran, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jogja.

Warung gudeg ini menyajikan gudeg kering dengan beragam tambahan lauk, seperti telur bebek dan ayam. Harga gudegnya mulai Rp 15.000. Selain itu tersedia pula gudeg besek dan gudeg kendil yang bisa dibawa untuk oleh-oleh. Kisaran harganya Rp 40.000 – Rp 270.000.

Jam buka Gudeg Bu Hj. Ahmad pukul 05.30-21.00 WIB.

3. Gudeg Mbah Lindu
Apabila ingin menyantap gudeg pagi hari, Anda bisa datang ke Gudeg Mbah Lindu. Walau kini Mbah Lindu sudah meninggal, tapi warungnya masih tetap buka dan diteruskan oleh anaknya. Kendati demikian, Gudeg Mbah Lindu tetap ramai pembeli. Cita rasa gudegnya pun sama seperti dulu.

Gudeg Mbah Lindu berlokasi di Jalan Sosrowijayan Nomor 30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dari Malioboro. Jam operasionalnya pukul 05.30-11.00 WIB.

Sebaiknya jangan datang terlalu siang jika tak ingin kehabisan atau antre.

BERITA REKOMENDASI