Ada Apa Barista dengan Baristan, Ini Jawabnya

KALANGAN pecinta kopi di media sosial beberapa waktu lalu dihebohkan perdebatan menanggapi munculnya istilah ‘Baristan’. Sekilas mirip dengan kata ‘Barista’ yang merupakan profesi ahli meracik minuman kopi, belakangan diketahui ‘Baristan’ merupakan akronim dari ‘Barista Kopi Instan’. Konsep dan istilah ‘Baristan’ diperkenalkan oleh produk kopi instan kemasan dari PT Sumber Kopi Prima atau yang lebih dikenal sebagai Caffino, untuk para penikmat kopi di Indonesia.

CEO PT Sumber Kopi Prima, Ihsan Mulia Putri, mengungkapkan, istilah dan konsep ‘Baristan’ adalah cara Caffino untuk memfasilitasi pecinta kopi agar tetap dapat menikmati segelas kopi berkualitas premium dengan cara membuat sendiri di rumah. Tanpa harus punya keahlian khusus, dengan Caffino siapapun bisa merasakan sensasi membuat segelas kopi dengan kualitas yang tak kalah dengan kopi di kedai atau kafe favorit.

“Baristan atau Barista Kopi Instan sesungguhnya adalah semangat yang kami sebarkan untuk semua pecinta kopi di Indonesia. Bahwa siapa saja boleh dan pasti bisa membuat segelas minuman kopi instan yang enak sama seperti kopi di kafe. Caffino, khususnya varian Dark Cappucino bisa menjadi pilihan tepat untuk menjadi Barista Kopi Instan dan menikmati kopi berkualitas,” terang Ihsan Mulia Putri dalam Konferensi Pers “Baristan – Solusi Ngopi Berkualitas di Rumah” yang digelar daring pada Selasa (22/3/2022).

Ihsan menerangkan, semangat ‘Baristan’ yang diusung Caffino tidak terlepas dari situasi pandemi yang memaksa masyarakat untuk mengurangi aktivitas keluar rumah seperti pergi ke kedai kopi. Menyeduh kopi instan sendiri di rumah dianggap bisa menjadi solusi sekaligus sensasi dalam menikmati kopi. Namun, agar rasanya tidak mengecewakan diperlukan produk kopi instan yang memiliki bahan-bahan premium dan berkualitas.

“Setiap varian dari Caffino memiliki keunggulan dari cita rasa kopinya yang lebih kuat karena terbuat dari bahan premium yaitu kopi asli dan susu asli. Bahkan untuk yang fanatik dengan cita rasa kopi, varian Caffino Dark Cappucino memiliki tambahan topping granule dari kopi asli. Sehingga dalam setiap sesapan, kopinya akan terasa strong seperti kualitas kopi ala barista di kafe,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI