Bandung sebagai Kota Gastronomi, Ini Pilihannya

BANDUNG sudah lama dikenal sebagai kota kembang, kota factory outlet (FO) sampai kota pendidikan teknologi. Saat ini, julukan ibukota Propinsi Jawa Barat itu bertambah menjadi kota gastronomi. Apa maksudnya? gastronomi merupakan kota yang sangat layak dan meyakinkan untuk mendalami Seni & Ilmu Pengetahuan mempelajari kebiasaan makan yang baik di daerah atau lokasi tertentu. 

"Dari Bandung lahir banyak makanan-makanan khas, yang dahsyat luar biasa saat disantap di Kota Bandung,” ungkap Ketua Akademi Gastronomi (AGI) Vita Datau Mesakh yang sudah blusukan mencari menu khas Bandung yang terus bermodifikasi dengan baik.
 
Dia menjelaskan sebagai kota yang memiliki sejarah penting dalam pembangunan peradaban Indonesia, makanan tradisional masih tetap menjadi pilihan para wisatawan yang datang dari luar Bandung. Berikut pilihanya

1. IGA BAKAR si JANGKUNG

Para daging mania, rasanya makanan ini bisa memenuhi kegemaran kita akan daging. Iga yang dibakar selama 3 jam di kuali tanah liat ini setelah diungkep dengan bumbu khas manis gurih ini; benar-benar mampu memanjakan lidah

Apalagi Iga bakar ini disajikan tanpa tulang. Pilihan taburan yang ditawarkan adalah cabe rawit, tomat atau bawang merah. Mau tau kenapa namanya si Jangkung ? karena postur sang pemilik yang tinggi menjulang.

2. NASI KALONG

Bukan karena menunya kalong loh.. tetapi karena warung nasi ini memang bukanya dimalam hari.. seperti kalong yang mencari makan dimalam hari, maka pengalaman kulineran kitapun menjadi sangat menarik. Warung makan ini menyediakan lebih dari 20 jenis lauk yang bisa dipadankan dengan nasi gurih atau nasi hitam.

Nasi hitam ini berasal dari beras merah yang dimasak dengan kluwek, cabe merah, bawang merah, dan kelapa parut goreng atau sangrai juga daun salam tentunya bumbu dasar lainnya. Nasinya menjadi hitam karena kluweknya, tetapi rasanya menjadi khas karena kelapa parut goreng dan daun salam.

3. PASKAL FOOD MARKET

Jika Anda tidak banyak waktu jangan khawatir. Ada Paskal Food Market di Jl. Pasir Kaliki. Di sentra ini selalu heboh pengunjung dan kita bisa menemukan banyak pilihan makanan khas Bandung dan makanan non lokal. Suasananya yang terbuka memungkinkan kita menikmati udara sejuk Bandung.

4. SATE ANGGREK

Ada punya hobi yang mirip Presiden Obama? Penggemar sate? Ada Sate Anggrek di Jl. Anggrek bersimpangan dengan Jalan Riau yang perlu dicoba. Menu macam-macam sate menjadi pilihan dari sate ayam, sate kambing, sate sapi dan sate telur. Bukan saja rasanya yang enak tetapi juga ukuran nya yang besar dan dagingnya yang empuk.

5. KUPAT TAHU GEMPOL

Makanan legenda ini sangat layak dicoba, sebagai apresiasi citarasa tradisional dan rasa cinta kita terhadap makanan tradisional sekaligus mendorong pelestariannya. Kupat Tahu Gempol di Jalan Gempol Kulon no. 53 ini sudah ada sejak tahun 1975. Letaknya hanya 50 m dari Roti Gempol yang terkenal itu.

Potongan tahu goreng, ketupat, tauge disiram dengan bumbu kacang kental dan taburan kerupuk merah. Tahu yang dipasok langsung dari pusat tahu Bandung Cibuntu mempunyai tekstur kenyal dan lembut yang menjadi ciri khas kupat tahu gempol ini.

6. LOTEK

Kalau Madiun tersohor dengan pecel pincuk, maka di Bandung ada Lotek. Bedanya, tambahan kencur dibumbunya yang membuat rasanya sangat lama tertinggal diingatan kita. Lotek termasuk dalam makanan sehat berserat tinggi, dan pastinya tidak membuat gemuk walaupun disantap 2 piring sekaligus tanpa nasi.

7. MIE KOCOK BANDUNG

Satu lagi makanan yang patut dicoba langsung di tempat asalnya, Mie Kocok Bandung. Sajian mie, dengan potongan kikil, tauge disiram dengan kuah bening yang kaya kaldu dan gurih akan lengkap rasanya jika ditambahkan jeruk nipis dan kecap. Taburan seledri, daun bawang dan bawang goreng menguatkan rasa. Kerupuk kampung putih adalah teman menyantap mie kocok ini. Saat ini banyak pilihan tempat menikmati Mie kocok Bandung.

8. KAMPUNG DAUN

Tempat kuliner ini sudah tidak asing lagi bagi banyak pengunjung yang sering datang ke Bandung. Menu makanan di sini lebih pas untuk dimakan beramai-ramai atau sekeluarga. Makanan dengan pilihan menu Indonesia dan Western Food. Yang mau diangkat di pilihan ini adalah tempatnya dan suasananya.

9. YOGHURT CISANGKUY

Yoghurt adalah jenis minuman hasil olahan melalui proses fermentasi susu. Sehat tentunya karena berisi banyak bakteri baik bagi usus kita dan berkalsium tinggi. Kalau dengar kata yoghurt pasti terbayang rasa asam , tetapi Youghurt Cisangkui menawarkan aneka pilihan rasa yang tidak asam melainkan enak dari mulai strawberry dengan potongan kecil buahnya, moka, cokelat, laci dan banyak lagi.

10. HUMMINGBIRD EATERY

Gastronomi bukan hanya bicara makanan, sejarah, bahan baku, cara memasak saja, tetapi juga budaya dan pengalaman. Hummingbird Eatery adalah salah satu yang layak dikunjungi arsitektur yang mains stream mengekspresikan Kreatifitas tinggi. Sekali lagi dari awal kita bicara tentang Bandung yang Kreatif. Menunya yang bervariatif dari Indonesia, Asian namun didominasi menu western menjadi pilihan. (*)

BERITA REKOMENDASI