‘Bir Jawa’, Tidak Memabukkan Tapi Justru Menyehatkan

KULINER kegemaran Raja-raja Kraton Yogyakarta cukup banyak jumlahnya dan memiliki cita-rasa tinggi. Ini bisa menjadi ide bisnis kuliner bagi masyarakat. Untuk menginformasikan kepada khalayak tentang resep-resep kuliner tersebut, BRAy Nuraida Joyokusumo (istri almarhum KGPH Joyokusumo, adik Sri Sultan HB X) mengadakan demo masak dan edu budaya di Ndalem Joyokusuman pada Minggu, 5 September 2021.

Ada 6 resep masakan yang dibagikan oleh BRAy Nuraida Joyokusumo yang akrab disapa Ida Joyo. Yaitu Mentho, Prawan Kenes, Lumpur Surga, Kue Jongkong, Jenang Grendul, Jenang Candil, Brongkos Ayam Asat, Mihun Goreng. Sedangkan untuk minuman ada 2 resep yang dibagikan yaitu Royal Secang dan Bir Jawa. Semua sharing masakan dilengkapi dengan info masakan tersebut kegemaran Raja Kraton Yogyakarta ke berapa dan cerita dibalik makanan/minuman tersebut.

Menurut Ida Joyo, brongkos ayam asat merupakan kegemaran Sri Sultan HB VIII. Sedangkan bir jawa tercipta dimasa Sri Sultan HB VIII. Ida menjelaskan cerita dibalik minuman bir jawa ini, bahwa dimasa tersebut (masa Sultan HB VIII) sering ada kunjungan dari pihak Belanda ke Kraton Yogyakarta, yang mana sajian minumannya selalu bir Belanda. Sedangkan pihak kraton setiap meminum bir Belanda akan mabuk.

BERITA REKOMENDASI