Buka Puasa Pakai Kue Ternyata Juga Menyehatkan, Coba Yuk..

MENU makan yang hampir selalu sama untuk buka puasa bisa membuat keluarga merasa bosan dan menurunkan semangat puasa. Coba deh variasikan dengan kue yang lezat, tapi tetap sehat menggunakan beberapa tips berikut ini.

Ganti Tepung

Selama ini tepung terigu banyak digunakan untuk membuat kue. Padahal dalam proses produksinya, dedak atau lapisan luar dari gandum yang kaya vitamin dan serat dihilangkan. Untuk menjadikan kue lebih sehat, coba ganti dengan tepung yang lebih bernutrisi. Mulai dari tepung oatmeal, wheat bran, almond meal, hingga gluten-free flour untuk penderita alergi.

Gunakan Pemanis Alami

Berbuka puasa biasanya diawali dengan konsumsi makanan manis. Sayangnya rasa manis pada kue seringkali didapatkan dari penggunaan gula atau pemanis buatan dalam jumlah banyak, sehingga berisiko meningkatkan gula darah terlalu cepat. Akibatnya, tubuh jadi cepat lemas dan mudah merasa lapar.

Kurangi atau ganti gula dengan pemanis alami, seperti madu, applesauce, atau memasukkan buah-buahan seperti pisang dan kurma. Jangan lupa untuk menyesuaikan resep yang dibuat, terutama untuk jumlah cairan atau tepung yang digunakan.

Mengurangi Kadar Lemak

Kurangi penggunaan lemak untuk menghemat asupan kalori dalam tubuh. Gunakan susu rendah lemak, dark chocolate, atau keju rendah lemak saat membuat kue.

Sederhanakan Topping

Kue yang lezat sebetulnya tidak memerlukan topping untuk menyempurnakan citarasanya. Tapi jika ingin membuat sajian ini terasa lebih spesial, lebih baik ganti hiasan frosting dan lapisan gula dengan whipped cream yang lebih ringan atau meringue. Selain itu, daripada menaburi lapisan atas kue dengan sprinkles atau gula bubuk, coba gunakan buah segar atau parutan dark chocolate yang menambah kelezatannya.

Sisipkan Sayur atau Buah

Buat anggota keluarga yang kurang menyukai konsumsi buah atau sayuran, cara ini bisa jadi alternatif menyehatkan. Selain mengurangi asupan gula dan membuat kue lebih lembap, penambahan buah dan sayuran dalam kue meningkatkan kadar nutrisi, terutama serat. Gunakan parutan wortel, cacahan strawberry, potongan nanas, wortel, bit, atau zukini untuk membuat kue spesial berbuka puasa.

Tidak ada salahnya menyajikan kue untuk berbuka puasa, tapi pastikan cita rasanya lezat dan tentunya menyehatkan tubuh. (*)

 

BERITA REKOMENDASI