Cita Rasa Unik Nila Lombok Ijo

Editor: KRjogja/Gus

CARA mengolah ikan nila cukup beragam alias tak hanya digoreng dan dibakar saja. Khususnya nila goreng yang disajikan bersama sambal dan lalapan sudah biasa ditemukan. Lain halnya dengan nila goreng berselimut sambal warna hijau masih cukup langka. Selain unik dilihat, cita rasa masakan ini juga unik dan khas.

Pasalnya, sambal berwarna hijau terbuat dari bahan baku lombok hijau dipadu rempah-rempah , misalnya bawang putih, bawang merah dan merica lalu diblender. Masakan nila goreng berselimut sambal warna hijau seperti ini dapat dipesan di lokasi kuliner Dapur Ummi kawasan Jalan Kabupaten Sleman. Oleh pemiliknya dinamai Nila Goreng Lombok Ijo. 

Langkah memasaknya, sebelum ikan nila digoreng terlebih dahulu direndam air berbumbu. Bumbunya antara lain ada kunyit, bawang putih, garam dan ketumbar lalu dihaluskan ditambah perasan air jeruk nipis dan diberi air secukupnya untuk merendam nila. Setelah nila digoreng,  selanjutnya mempersiapkan sambal hijau, yaitu berbahan lombok hijau, bawang putih, bawang merah dan merica.

“Bumbu-bumbu ini diblender, masih ditambah jahe, laos, daun salam, serai dan daun jeruk lalu digoreng dengan sedikit minyak. Setelah harum ditambah sedikit air dan nila goreng dimasukkan,” jelas pemilik lokasi kuliner setempat Neneng Hasanah,  Rabu (09/8/2017).

Agar bumbu-bumbu sambal bisa meresap, antara sambal hijau dengan nila diaduk-aduk mendekati lima menit. Sebelum diangkat ditambah dengan garam dan gula secukupnya.  Langkah menggoreng nila maupun membuat sambal hijaunya memang sengaja dilakukan secara mendadak, sehingga akan menambah cita rasa lezat, aroma khas maupun warna hijau cerah dari masakan tersebut. Cara penyajiannya di piring terbuat dari rotan serta dilambari daun pisang. Ada lagi tambahan sambal matang dan lalaban terdiri dari irisan mentimun, kol serta kemangi.

Selain nila goreng berselimut sambal hijau, ada juga ayam goreng berselimut sambal laos. Masakan ini diberi nama Ayam Goreng Bumbu Laos. Pilihan ayamnya, bisa ayam kampung maupun ayam potong (ras).  Sebelum digoreng ayam terlebih dahulu diungkep menggunakan panci presto. Bumbu-bumbunya antara lain ada rimpang laos, kunyit, jahe dan kencur sudah diparut. Jumlah paling banyak laosnya. Ada lagi bumbu bawang putih, bawang merah, ketumbar dan merica yang sudah dihaluskan.  Ampas dari bumbu-bumbu tersebut digoreng dan diselimutkan pada ayam saat disajikan. (Yan)

BERITA REKOMENDASI