Hadirkan Menu Tradisinal bernuansa ‘Ndeso’

SLEMAN, KRJOGJA.com – Industri kuliner menjadi salah satu tulangpunggung pariwisata DIY. Dan kecenderungan wisatawan saat ini lebih memilih kuliner yang menyajikan menu serta suasana 'Ndeso'. Salah satu spot kuliner 'ndeso' itu adalah 'Kopi Klotok Ikan Kriuk' berlokasi di Jalan Ir Bugiakso, Banteran Donoharjo Ngaglik Sleman.

Owner 'Kopi Klotok Ikan Kriuk', Brigjen TNI (Purn) Sukoso Maksum mengatakan, seluruh menu makanan dan minuman yang disajikan adalah menu tradisional seperti oseng jantung pisang, lodeh tempe dan sayur lompong. Sedangkan ntuk lauk, unggulannya adalah baby nila, pindang dan baceman. "Menu kami sangat cocok bagi keluarga yang rindu masakan ndeso," terang Sukoso kepada wartawan usai grand opening 'Kopi Klotok Ikan Kriuk', Minggu (18/3/2018), dihadiri Danrem 072/P Kolonel Kav Mohammad Zamroni.
 
Sedangkan untuk minuman, unggulannya adalah kopi klotok yang didatangkan dari Wonosobo serta berbagai minuman tradisional seperti wedang secang, wedang uwuh, wedang jahe dan lain-lain. Menurut Sukoso pembeda warung Kopi Klotok miliknya dengan yang lain adalah lokasinya di pedesaan dengan dikelilingi sawah. Bangunanya pun dibuat tradisional dengan konsep limasan dan joglo. "Selain menunya yang lezat, kita juga jual suasana pedesaan yang nyaman, jauh dari keramaian," katanya.

Istri Sukoso, Hety Suryanti menambahkan, rumah makan 'Kopi Klotok Ikan Kriuk' juga menyediakan beragam minuman herbal salah satunya Teh Biru 'Bunga Telang' yang bisa untuk obat iritasi mata, melancarkan datang bulan dan melancarkan buang air kecil. "Dihari tertentu kita berikan pengobatan gratis herbal disini," katanya.

Sedangkan pengelola yang juga putra Sukoso, Yogi Koso mengatakan, selain konsumen keluarga, segmen pasar 'Kopi Klotok Ikan Kriuk' adalah anak muda/mahasiswa yang suka nongkrong sembari internetan. Tak hanya itu, kedepan rencananya juga akan dikembangkan arena outbond ukuran kecil. "Kita berdayakan warga setempat, 90 persen karyawan adalah warga Dusun Banteran," pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI