Ketahuan, Obama Ternyata Doyan Nyemil Keripik Singkong dan Makan Sambal

YOGYA, KRJOGJA.com – Kesederhanaan dan keramahan Obama agaknya benar bukan pencitraan semata. Salah satu buktinya terungkap dari pihak manajemen Hotel Tentrem yang menjadi lokasi menginap Obama dan keluarga selama menghabiskan liburan dua malam di Yogyakarta.

Salah satu paling kentara yang membuktikan kesederhanaan Obama yakni makanan di mana ia ternyata sangat menggemari masakan Indonesia. Sate dan nasi goreng mungkin sudah lama diketahui sebagai makanan kesukaan presiden AS ke-44 selama ini, namun cemilan keripik singkong tentunya jadi hal baru yang mungkin tak banyak diketahui orang.

Mey Nurnaningsih, GM Hotel Tentrem kepada wartawan Jumat (30/6/2017) mengungkap selama dua hari menginap, beberapa camilan atau makanan ringan disajikan bagi Obama di mana salah satu yang paling khas adalah keripik singkong. Diakui Mey pada awalnya pihak hotel ragu apakah keripik tersebut bakal disentuh oleh Obama dan keluarga karena hanya berbahan dasar ketela.

"Ternyata kita sajikan keripik singkong selalu habis, malah Obama minta tambah terus. Lha ternyata beliaunya doyan sekali dengan keripik singkong yang memang kami buat sendiri. Tidak ada yang menyangka ternyata daripada kacang-kacangan yang sebelumnya dipesan malah yang habis keripik singkongnya," ungkapnya.

Pihak hotel sendiri mengaku hingga kehabisan stok lantaran Obama begitu menggemari camilan yang sebenarnya sangat biasa ditemui di Indonesia ini. "Hari ini kami kehabisan, baru tim chef akan membuat lagi karena ternyata di luar dugaan, rombongan Obama sangat suka camilan ini," imbuh Mey lagi.

Sementara satu hal lain yang juga menarik pihak hotel menurut Mey terjadi ketika Obama selalu memesan masakan nusantara saat bersantap tentu saja dengan tak meninggalkan sambal. "Kami siapkan menu sambal, ada enam pilihan yakni terasi, terong, tempe, matah, tahu, teri dan semuanya pasti habis, doyan sambal ternyata. Saya tanyakan secret service apakah tidak apa-apa banyak makan sambal dijawab beliau sudah biasa mungkin karena masa kecilnya lama di Indonesia, tandasnya.

Pihak hotel sendiri mengaku tak ada permintaan macam-macam dari rombongan Obama selama menginap di Yogyakarta. "Tidak ada hal aneh, makanan beliau juga mudah jadi terlihat sekali kesederhanaannya, mudah-mudahan bisa menginspirasi," pungkas Mey.

Kunjungan singkat tiga hari dua malam Obama dan keluarga ke Yogyakarta sendiri berakhir Jumat siang ini. Rombongan bakal meneruskan agenda kunjungan ke Jakarta untuk kemudian berpindah ke Korea Selatan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI