Ketika Es Kacang Merah Berjodoh Dengan ‘Kapal Selam’

KULINER khas Palembang cukup beragam, seperti pempek dan es kacang merah. Guna mendapatkan es kacang merah, satu di antaranya dengan datang di rumah makan kawasan Jalan Bumijo Yogya. Selain es kacang merah tersedia juga pempek dan mie ayam.

Pempek yang disediakan hanya jenis kapal selam dan lenjer.  Adapun aneka mie ayamnya antara lain  mie ayam jamur, pangsit, ceker, bakso dan bakso tahu. Penyajian es kacang merah menggunakan gelas khusus warna bening dengan bentuk khas. Sebelum diaduk-aduk dan disantap, isi gelas tampil menawan terutama adanya perpaduan warna merah dari sirup dan kacang, putih dari susu maupun santan ditambah warna bening sebagian es batu.

"Kacang merah sebelum kami olah dengan direbus, terlebih dahulu direndam sekitar 12 jam,” papar pengelola lokasi kuliner setempat, Subono, baru-baru ini.

Saat perebusan kacang merah, jelasnya, ada tambahan bahan lain agar cita rasa kacang empuk serta lebih enak. Tambahan bahan seperti  vanili, cokelat yang sudah dilarutkan dengan air terlebih dahulu) serta gula.

Ditambahkan Subono, harga es kacang merah Rp 11.000 pergelas. Meski agak mahal, namun berbagai kalangan merasa cocok dengan rasanya, apalagi diyakini mempunyai banyak nilai gizi. Sedangkan pempek kapal selam dibanderol Rp 13.000 perbiji dan pempek lenjer  Rp 7.000 perbiji. Karena itu, bisa dibayangkan rasanya ketika dua menu kuliner ini berjodoh. Dijamin pasti tambah lagi. (Yan)

BERITA REKOMENDASI