Kuliner Indonesia Makin Mendunia

JAKARTA (KRjogja.com) – Menteri Pariwisata Arief Yahya terus mendorong kuliner nusantara untuk tampil di pentas dunia. Sebab, Thailand, Vietnam dan Malaysia sudah lebih dahulu menggunakan tester makanan sebagai alat promosi dan diplomasi pariwisata.

"Potensi kita tidak kalah. Jenis makanan kita juga seabrek jumlahnya. Tinggal mengemas menjadi kekuatan yang memiliki commercial value, bukan hanya cultural value," tutur Arief Yahya.

Menurut Menpar berdirinya banyak restoran Indonesia di berbagai negara adalah bukti konkret, bahwa kuliner kita juga laku di pentas global. Sama halnya dengan Chinesse Restoran, Japanesse Restoran, Korean Food, dan juga Indian Culinery. "Biarkan orang jatuh cinta di makanan dulu, sebelum akhirnya mencintai destinasi pariwisata Indonesia," ungkapnya.

Di Hefei, Anhui, China, sudah lahir restoran Wonderful Indonesia. Akan disusul dengan restoran lain di kota yang lain di China, dengan menu utama 30 ikon kuliner nusantara. "Sampai kerupuk udang pun sudah dua puluh juta bungkus yang tahun ini beredar di Tiongkok," lanjut  Arief Yahya.

Kepak sayap kuliner Indonesia semakin mendunia. Itu tercermin dari tiga buku kuliner Indonesia yang berhasil menembus nominasi Gourmand World Cookbook Awards 2016. "Ini langkah baru yang perlu dibanggakan," jelas Menpar. (*)

BERITA REKOMENDASI