Lebaran, Santap Menu Khas Raja Arab di Pesonna Tugu Hotel

YOGYA, KRJOGJA.com – Berbagai menu makanan spesial pasti disajikan saat merayakan momen Lebaran bersama keluarga atau handai taulan di mana biasanya ketupat, opor ayam dan sambel goreng tak bakal ketinggalan. Namun terkadang kita bosan menyantap opor ayam dan ingin merasakan inovasi makanan lain yang mungkin belum pernah dinikmati sebelumnya di Hari Idul Fitri.

Salah satu tempat yang mencoba menyajikan hidangan Lebaran lain dari biasanya adalah Pesonna Tugu Hotel yang ada di Jalan Pangeran Diponegoro Bumijo Yogyakarta. Hotel satu ini menyuguhkan hidangan bertema Middle East yakni Nasi Kabsah yang merupakan makanan khas Raja-Raja Arab.

Johan Yanuar, Food And Beverage Manager Pesonna Tugu Hotel kepada wartawan Kamis (22/6/2017) mengungkap sengaja menghadirkan menu bertema Middle East (Timur Tengah) untuk Lebaran kali ini untuk memberi suasana Berlebaran yang beda untuk tamu di Yogyakarta. "Kami ingin hadirkan hidangan berbeda untuk tamu yang datang, yakni Nasi Kabsah. Hidangan ini spesial karena biasanya disantap keluarga kerajaan di kawasan Arab," ungkapnya.

Excecutive Chef Daulay menambahkan Nasi Kabsah di Pesonna Tugu Hotel cukup berbeda karena dibuat spesial jika dibandingkan makanan sejenisnya seperti Nasi Kebuli. Menurut dia, rempah-rempah yang digunakan pun sengaja ditumbuk secara manual agar citarasanya pas dan sesuai keinginan.

"Kita juga gunakan nasi dari Arab yang lebih panjang dari nasi di Indonesia dipadukan dengan rempah fresh yang diolah langsung. Untuk perpaduannya kita buat beef kaleyo, masakan nusantara yang citarasanya pas sekali dengan Nasi Kabsah. Sengaja begitu, menu ini spesial karena biasanya dikonsumsi keluarga kerajaan, bahkan hingga di Brunei Darrusalam," ungkapnya.

Di dalam Nasi Kabsah ini, Chef Daulay juga memasukkan bumbu rempah pilihan seperti kapulaga, kunyit, ketumbar, jintan, blackpper hingga kari. "Bakal benar-benar beda dari hidangan yang biasa disantap di saat Lebaran, harus dicoba," lanjutnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI