Lezatnya Santap Nasi Goreng Balungan di ‘Pawon’

Editor: Ivan Aditya

INGIN datang ke lokasi kuliner dengan nuansa unik? Salah satunya dapat datang di lokasi kuliner yang kental dengan nuansa dapur atau pawon. Konsumen bahkan dapat melihat proses memasaknya, berkomunikasi langsung serta lebih akrab layaknya keluarga sendiri. Tempat makan ini dapat ditemui di Warung Makan Tengkleng Pawon (Umi Nunung) kawasan Nandan Jalan Monjali Sleman.

Menu yang tersedia aneka olahan kambing, seperti tengkleng kuah, tengkleng goreng, nasi goreng balungan, sate goreng, sop dengkil (kaki kambing), nasi briyani kambing dan kare kepala kambing. Ketika sudah memesan menu yang dipilih, boleh duduk santai lesehan ataupun kursi plus meja makan.

"Kalau ingin melihat tahapan memasaknya kami bolehkan juga, apalagi antara tempat memasak juga menyatu dengan lokasi makan. Hanya dibatasi meja tempat memasak maupun meja menempatkan ‘magicjar’ berisi nasi. Jika ingin tambah nasi juga bisa mengambil sendiri dan gratis,” papar pengelola lokasi kuliner setempat, Chumairo Ibnatul Arobiyah (Yayah), belum lama ini.

Sebagian konsumen yang sudah datang sekali lalu datang lagi alias menjadi pelanggan. Bahkan ada yang seminggu sekali datang dengan memesan menu sama maupun berbeda. Biasa juga mengajak satu keluarga, baik sebelum maupun setelah menikmati suasana akhir pekan di Kota Yogya. Hampir semua menu menjadi favorit di kalangan pelanggan, misalnya tengkleng, nasi goreng balungan dan nasi biryani kambing.

Ditambahkan, ketika menyantap yang berbau balung atau tulang kambing banyak yang merasa asyik. Saat ‘berburu’daging di tulang ada keunikan tersendiri, termasuk juga ketika menemukan sumsum di dalam tulang. Bahkan banyak yang meyakini, daging menempel di tulang (balung) lebih lezat rasanya.

Nasi goreng yang dimasak dengan rempah-rempah asli Indonesia pun memberikan kenikmatan tersendiri terlebih disantap saat masih panas. Kekhasan dari nasi goreng balungan, lanjutnya, antara lain nasi goreng ini ada topping balungan kambing yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah dan hasil akhirnya berbalut kecap.

Menu goreng briyani kambing termasuk makanan khas Timur Tengah namun sudah dimodifikasi khas Indonesia termasuk bumbu-bumbunya. Lain halnya dengan sop dengkil (kaki kambing), yakni menggunakan kuah sop warna bening ditambah potongan-potongan kaki kambing serta ada sayurnya seperti wortel dan kentang. (Sulistiyanto)

BERITA REKOMENDASI