Malam Tahun Baru, Siapkan Menu Andalan ini

YOGYA, KRJOGJA.com – Pergantian tahun yang biasanya ditandai dengan hadirnya penjual terompet dan kembang api, pastinya menjadi momen yang sudah dinanti-nanti sebagian besar masyarakat.   Di Indonesia, tahun baru biasanya diisi dengan beragam kegiatan, seperti ‘begadang’ untuk kumpul-kumpul hingga tengah malam menunggu countdown, melihat pertunjukan kembang api, hingga konvoi naik mobil di jalan-jalan utama.

Banyak juga yang memilih merayakan tahun baru di rumah, berkumpul bersama keluarga atau sahabat, sambil menyantap makan malam dan tak lupa mengabadikan momen tersebut di media sosial. Bagi mereka yang berencana melakukan pesta atau perayaan dirumah, mempersiapkan makanan menjadi hal yang seru dan susah-susah gampang, karena pasti ingin yang spesial, enak, tapi juga tidak repot persiapannya. Untungnya kini banyak pilihan menu makanan yang ada dalam genggaman, karena kuliner nikmat bisa dipesan online dengan mudah lewat aplikasi GoFood. 

Berikut ini ide kuliner dari Nex Carlos dan Mgdalenaf yang bisa kamu #GoFoodinAja untuk malam tahun baru kamu. Kedua food vlogger ini membantu GoFood mengkurasi jutaan menu dari ratusan ribu merchant GoFood, dan akan mengajak para pecinta kuliner ikut mengenal kuliner-kuliner di tanah air lewat program GoFood #PetualanganKuliner di channel Youtube mereka masing-masing. 
Enak, unik, dan hemat di kantong, rekomendasi kuliner di Yogyakarta dan sekitarnya ini pastinya layak tayang di sosial media kamu sebagai makan malam terakhir 2019.

1. Rekomendasi menu ‘sekul’

Sebagian besar orang Indonesia belum lengkap rasanya kalau belum makan nasi. Aneka hidangan nasi atau yang di daerah Jawa Tengah biasa kita sebut ‘sekul’, jadi andalan untuk bikin perut kenyang. 
Saat malam tahun baru, tentunya nasi dapat jadi istimewa dengan pilihan lauk yang menggugah selera. Nah, berikut ini rekomendasi merchant dengan menu ‘sekul’ yang patut dicoba:  

Nasi Kulit Syurga, Umbulharjo – Menawarkan cita rasa gurih, nasi dan paduan kulit ayam jadi pilihan yang seru untuk dimakan beramai-ramai. Sesuai namanya, menu ini terdiri dari nasi kulit, lengkap dengan ayam dan telur. Jika ingin lauk lain, ada juga paru kol atau gepuk yang juga bisa dipesan. 

Sego Pecel SGPC, Pramuka – Merayakan tahun baru bukan berarti membuat kantong tipis Nah, merchant yang satu ini menawarkan makanan enak dengan harga yang hemat. Satu porsi nasi pecel lengkap dengan ayam, saus kacang, pecel dan kerupuk dibanderol dengan harga Rp 15.000,-. Menu lain seperti nasi uduk juga dimulai dari harga Rp 7.000,- sudah dapat paket nasi uduk bersama dengan kering tempe, bihun, sambal dan kerupuk. 

Gudeg Mbarek Hj. Amad  – Ada banyak pilihan gudeg yang jadi makanan khas Yogyakarta, namun gudeg legendaris yang satu ini jadi salah satu yang masuk rekomendasi Nex Carlos dan Mgdalenaf. Yang berbeda dari gudeg ini adalah rasanya tidak terlalu manis dan berpadu dengan rasa gurih yang pas. 

Gudeg Mbarek Hj. Amad juga dilengkapi dengan tempe orek, berbeda dari gudeg lainnya yang menu tempenya biasanya diracik jadi satu dengan sambal goreng krecek. Menu paket gudeg beseknya cocok untuk dipesan makan beramai-ramai, menambah mewah suasana malam tahun baru.

2. Menu kreasi ayam

Sepanjang tahun 2019, menu dengan ayam tetap menjadi favorit yang dipesan masyarakat Indonesia lewat aplikasi GoFood, dengan ayam geprek sebagai juaranya. Lebih dari 39 juta menu ayam geprek terjual lewat GoFood di sepanjang tahun ini. Berikut ini beberapa rekomendasi menu kreasi ayam yang bisa dicoba di Yogya:

Ayam Bakar Pak Yanto – Untuk yang suka makanan dengan kekhasan masakan jawa yang manis, ayam bakar Pak Yanto patut untuk dicoba. Ayamnya empuk dan bumbunya meresap ke dalam. Ada dua pilihan sambal yang bisa dipesan disini, yaitu sambal matang yang rasanya pedas manis, atau sambal bawang yang rasanya lebih pedas dan gurih. Setiap porsi ayam bakarnya hadir dengan lalapan segar dan juga kremesan.

Ayam Geprek Bu Rum, Lembah UGM – Bu Rum adalah salah satu pelopor ayam geprek di Yogyakarta. Menawarkan ayam geprek yang sedikit berbeda, selain memiliki menu geprek original, ada juga menu ayam geprek yang memadukan cita rasa masakan Padang yaitu ayam geprek ‘Sambalado’ dan ayam geprek ‘Rendang’. Keunikan ini yang membuat Ayam Geprek Bu Rum patut dicoba. Ayamnya sendiri dibalut tepung yang cukup tebal, sehingga ketika digeprek akan ada remahan tepung renyah. Daging ayamnya juga terasa gurih karena sudah direndam bumbu sebelum digoreng, benar-benar menggugah selera.

Ayam Bakar Madu Tebe, – Rasa manis memang menjadi salah satu kekhasan makanan dari Jawa, namun untuk ayam bakar satu ini, rasa manis pada menu ayamnya berasal dari madu sebagai salah satu bumbunya. Paket lengkap nasi, ayam bakar madu, tempe atau tahu, kremes dan sambal bisa didapatkan mulai dari harga Rp 21.000,-. 

3. Cemilan pelengkap 

Jika makanan berat sudah ada, lebih seru lagi tentunya kalau ada cemilan yang menemani bincang-bincang seru sambil menunggu datangnya tahun baru. Rekomendasi berikut ini juga pasti seru dijadikan cemilan untuk sharing beramai-ramai.

 Roti Bakar Baper – Begadang hingga tengah malam biasanya membuat perut kembali lapar, apalagi jika asik main kembang api setelah malam pergantian tahun. Cemilan ini bisa jadi salah satu solusi yang disiapkan sebelum malam pergantian tahun. 

Roti Bakar Baper memberikan banyak pilihan roti bakar yang berbeda dari roti bakar klasik, yaitu roti bakar ‘Strawberry-Blueberry’, roti bakar ‘Green Tea-Cokelat Susu’ hingga roti bakar ‘Cokelat Pisang-Cokelat Keju’ yang pastinya nggak pernah salah untuk dikonsumsi kapan saja. 

Loempia Boom, Pogung – Lumpia dari Loempia Boom memberikan variasi yang berbeda dari lumpia pada umumnya yang berisi rebung. Loempia Boom atau Loe-Boom menawarkan isian seperti ‘Seafood Cumi’ dan ‘Seafood Udang’ yang menjadi menu andalan.  Selain seafood masih ada pilihan lainnya seperti ‘Loe-Boom Jamur’ dan ‘Loe-Boom Bombastic’ yang berisi campuran daging, bakso dan sosis. Setiap dasar lumpia memiliki isian dasar telur, wortel serta daun bawang. Uniknya lagi tersedia paket Loe-Boom + Nasi, karena lumpianya bisa disajikan sebagai lauk.  

Martabak Kubang – Martabak memang masih jadi andalan para pecinta kuliner dimanapun, termasuk di Yogyakarta. Di sepanjang tahun 2019 ada lebih dari 19 juta porsi martabak yang dipesan lewat aplikasi GoFood, jika ditumpuk tingginya akan mencapai 570 meter atau 56 kali lebih tinggi dari Tugu Yogyakarta.  Martabak Kubang dengan menu-menu martabak dengan topping klasik, seperti keju cokelat original cocok untuk teman cemilan di malam pergantian tahun. Jika menyukai rasa yang lebih kekinian, bisa mencoba martabak ‘Premium Black Taste’ dengan pilihan topping seperti Ovomaltine, Kit Kat, dan Nutella. (*)

 

BERITA REKOMENDASI