Masakan Ikan Gindara, Selain Lezat Juga Bermanfaat

BEBERAPA masakan jenis ikan berasal dari laut, sebagian diantaranya belum banyak dikenal masyarakat. Padahal ada banyak keunggulan dari jenis ikan tersebut. Satu di antaranya adalah ikan gindara. Bukan hanya bentuknya saja, ternyata rasanya pun hampir sama dengan ikan tongkol setelah dimasak. Untuk dapat memperoleh masakan gindara, kita dapat menyambangi Warung Siji Rasane di kawasan Jalan DI Panjaitan Yogya.

Menurut juru masak di lokasi kuliner setempat, Rustanto, gindara banyak disenangi konsumen, sebab diyakini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Pasalnya, minyak ikan gindara mengandung omega 9 dan juga lemak tak jenuh. Hal ini akan membantu menstabilkan jumlah kolesterol dalam tubuh dan juga membantu mengontrol kadar lemak jahat. Dengan catatan cara memasaknya tak menggunakan minyak goreng.

“Di sini khusus masakan gindara hanya dibakar saja. Lain halnya jenis ikan lain seperti cakalang, nila, gurami, patin dan lele dapat dibakar maupun digoreng,” ungkap Rustanto, Jumat (22/07/2016).

Gindara bakar, lanjutnya, diyakini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Alasannya, minyak ikan ini mengandung 2,29 persen lemak jenuh, 88,7 persen minyak tak jenuh tunggal dan 8,9 persen lemak tak jenuh. Selain itu minyak ikan gidara  juga mengandung cukup banyak omega 9 sebanyak 95 persen dan DHA sebanyak 2,95 persen dari total berat ikan. Wajar jika gindara juga diyakini bermanfaat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dari beberapa jenis penyakit, seperti demam, flu dan batuk.

Bumbu-bumbu yang meresap sampai daging saat pembakaran membuat mantap rasanya. Terlebih jika dinikmati bersama sepiring nasi hangat, hmmm.. yummy. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI