Musim Hujan, Soto Pak Gimin Layak Jadi Pilihan

SOTO Pak Gimin adalah salah satu kuliner legendaris di Kabupaten Bantul. Sudah seperempat abad soto ini berdiri, tepatnya di tahun 1992. 

Sudah Berusia 25 Tahun

Pak Gimin, mendirikan soto 'Pak Gimin' pada tahun 1992. Awal mulanya soto ini dijual di daerah Kaliputih hingga tahun 2003 mulai pindah ke Jalan Bantul Km 7,5 hingga sekarang. Pak Gimin pendiri soto ini berasal dari Mangunan Dlingo Bantul, sedangkan istrinya berasal dari kebumen. 

Tempat warungnya khas dengan lincak dan dinding bambu yang  mencirikan suasana tempo dulu. Tempat ini sengaja dipertahankan sejak dulu karena merupakan trademark tersendiri dan terbilang khas. Tempat meracik soto Paak Gimin juga khas, dengan bentuknya yang seperti gerobak.

Penyajian soto ini sama seperti soto-soto lain, yang membedakan adalah citarasanya. Setiap soto mempunyai ciri khas rasa sendiri-sendiri, termasuk soto Pak Gimin ini. 

Pelanggan dari Berbagai Daerah

Kuah soto yang bening dengan daging sapi yang banyak. Rasanya gurih dan sedap aromanya. Soto dapat ditambah dengan lauk lain seperti baceman dan ditemani dengan kerupuk atau tempe kripik. 

Baca Juga : 

Lezatnya Nasgor Hitam 'Mbak Ika'
Sate 'Kere' Tetap Eksis dan Dicari Pembeli

Pelanggannya tidak hanya dari Yogyakarta tetapi juga dari luar kota seperti Bandung, Semarang, dan daerah-daerah lain. Pada musim liburan akan lebih banyak pengunjung yang datang dengan keluarga. 

Lokasi Mudah Dicari

Lokasi Soto Pak Gimin yang tidak jauh dari pos polisi Cepit membuat aparat kepolisian mampir ke warung ini. Tidak hanya itu Soto Pak Gimin ini juga sudah dikenal oleh keluarga keraton Yogyakarta. 

Pak Gimin sejak dulu tidak mengubah konsep warungnya dan mempertahankan citarasa Soto Pak Gimin. Harga soto sapi yaitu Rp 18.000,00 sebanding dengan kualitas daging sapi yang digunakan. Dengan tambahan jeruk nipis dapat menambah kesegaran soto yang disajikan. 

Penggunaan kecap kencana dari kebumen menambah kekhasan dari soto ini. Bagi yang ingin menikmati suasana tempo dulu dengan kesederhanaan dan kekhasan rasa soto legendaris ini, dapat mengunjungi Soto Pak Gimin yang beralamatkan di Jalan Bantul, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Soto Pak Gimin buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. (Luvti Nuraini)

BERITA REKOMENDASI