Omzet Penjualan Gudeg Meningkat Lima Kali Lipat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – kota gudeg Yogya memang menarik untuk dijelajahi sisi kulinernya. Rasanya tidak afdol kalau ke Yogya jika tidak mencoba gudeg. Meskipun banyak ditemui di setiap sudut kota, gudeg memiliki sentra yang secara khusus menjual gudeg, yaitu di daerah Wijilan. Jelang lebaran omsetnya naik hingga 5 kali lipat.

Menjelang lebaran, penjual gudeg di sentra gudeg wijilan harus meningkatkan jumlah ketersedian bahan-bahan gudeg seperti gori, telur, krecek dan lain-lain. Warung gudeg Bu Nunik misalnya, mereka yang biasanya hanya berhasil menjual 1 baskom gudeg dalam sehari, namun saat liburan seperti saat ini menjual 5 baskom gudeg dalam sehari.

Iin (22),  salah satu pegawai di warung gudeg Bu Nunik mengatakan permintaan akan gudeg kini meningkat. “Permintaan akan gudeg meningkat jelang lebaran sehingga kami semua harus berusaha menyediakan lebih banyak lagi gudeg untuk dijual,” ungkapnya kepada KRjogja.com, Rabu (06/07/2016).

Salah satu pengunjung asal Jakarta, Betty (36) megatakan sengaja datang ke sentra gudeg wijilan ini untuk menikmati kuliner khas Yogya tersebut. “Rasanya agak kurang kalau ke Jogja tidak makan gudeg. Sudah khasnya begitu,” terang Betty.

Sebagai makanan khas Yogya, gudeg memang sudah melekat di hati masyarkat. Jika anda sedang berada di Yogya, sangat direkomendasikan untuk mampir dan mencicipi makanan khas yang satu ini. (Kristi Dwi Utami)

BERITA REKOMENDASI