Potensi Besar Ekspor Kopi ke Amerika Serikat

AMERIKA SERIKAT, KRJOGJA.com – ”Saya sangat bangga bahwa pengusaha Indonesia tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk terus melakukan terobosan ke pasar AS”, ujar Konjen RI di San Fransisco, Amerika Serikat, Simon D.I. Soekarno. Ini ditunjukkan bahwa walaupun pada saat pandemi, pada Desember 2020 ada pengekspor kopi dari Jawa Timur yang sukses memasuki AS.

Optimisme kalangan bisnis kopi perlu diviralkan mengingat AS memberikan peluang besar bagi kopi dari negara pengekspor termasuk Indonesia. Demikian disampaikan Konjen RI tersebut kepada para peserta Webinar pada akhir pekan ini. Didepan para anggota Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI) Simon menjelaskan tentang potensi dan cara memasuki pasar Amerika Serikat terutama pantai Barat AS.

Rencananya bulan Oktober nanti sebuah perusahaan Indonesia Belift Green Beans akan mengirimkan 3 kontainer lagi ke AS. Mengutip keterangan Simon pada periode Januari hingga Oktober 2020, nilai ekspor kopi Indonesia ke AS mencapai US$ 202,64 juta. Dari jumlah tersebut, sebesar US$ 65,78 juta atau 32,46% masuk melalui wilayah kerja KJRI San Francisco, yaitu melalui pelabuhan San Francisco (California), Seattle (Washington), dan Columbia-Snake (Oregon). Tahun ini dengan pengiriman 3 kontainer lainnya ke San Fransisco maka nilai ekspor kopi akan meningkat terus.

”Saya dalam Webinar ini mengajak 4 (empat) pengusaha Indonesia dari AS. Mereka sejatinya adalah diaspora Indonesia yang berhasil”, kata Konjen Simon. Para pengusaha yang diperkenalkan Konjen kepada ASKI adalah Ivan Hartanto (CEO Belift Coffee dan Belift Green Beans), Adhi Yusuf (Beaneka Coffee), Sinta (Putri Coffee), dan Sugi (pemegang lisensi pengurusan logistik dan pengiriman).

Pada saat menjelaskan misi perusahaannya di AS, Ivan Hartanto dari Belift Coffee menjelaskan bahwa masyarakat AS mengenal dan menggemari kopi Indonesia karena aroma dan rasa yang kuat, sebagai contoh kopi Sumatra. Orang AS juga menyukai istilah ”direct trade”, ”organic” dan ”sustainability”. Oleh karena itu strateginya adalah membuat kopi itu special dengan grade dan value yang tinggi.

BERITA REKOMENDASI