Sandiaga Uno: Pelaku Usaha Jasa Boga Harus Terlibat di Jalur Rempah dan Presidensi G-20

Menurut Iden Gobel, Rapimnas yang berlangsung selama 4 hari ini menjadi momen penting membahas segala hal demi kemajuan perkembangan organisasi, saling bertukar pikiran untuk membuahkan hasil yang bermanfaat bagi anggota, masyarakat luas, dan bangsa dan negara. Peran PPJI dengan anggotanya yang tersebar di 22 provinsi di Indonesia tidaklah kecil namun berperan besar untuk turut berkontribusi dalam menggerakan perekonomian nasional.

Frans Buce P yang mewakili Wakil Ketua Umum Bidang Asosiasi dan Himpunan Wisnu W. Pettalolo mengajak PPJI untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan Kadin. Ini penting karena Kadin dan PPJI merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan daerah.

“Jadi perlu mengambil peran dalam memperkuat perekonomian, mendorong pertumbuhan ekonomi sektoral, memperluas kesempatan usaha, dan menciptakan lapangan kerja, yang pada akhirnya dapat menggerakkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan,” katanya.

Diakui tahun 2021 merupakan tahun unggulan bagi Indonesia. Vaksinasi Covid-19 diharapkan bisa mengembalikan kegiatan fisik dan mendorong perekonomian yang tumbuh pada level 4-5 persen. “Dari segi pasar, perlu diingat pengeluaran penduduk Indonesia hampir 50 persen pada makanan dan minuman. Ini menjadi peluang besar bagi PPJI dan anggotanya,” lanjutnya.

Karena itu, Frans mengajak PPJI untuk segera melengkapi dokumen menjadi Anggota Luar Biasa Kadin agar dapat berperan aktif dalam perekonomian nasional dan bersama-sama memperjuangkan aspirasi anggota.

Sementara itu, Kepala bidang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ni Nyoman Ayu Andriani, dalam sambutannya mengatakan Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang mengandalkan sektor pariwisata dalam perekonomiannya cukup terdampak dengan adanya pandemi. Ini dikarenakan adanya pembatasan-pembatasan, dan sebagainya.

“Adanya Rapimnas PPJI di Bali telah membantu mendukung kembali pariwisata Bali dengan meningkatnya jumlah wisatawan domestik,” tegasnya.(Ati)

BERITA REKOMENDASI