Sate Winong, Mantap dengan Kecap Buatan Sendiri

JALAN-JALAN ke Purworejo tidak lengkap kalau belum menjajal kuliner khas daerah itu. Ada banyak khasanah kuliner, salah satunya Sate Winong. Apa itu Sate Winong?

Seperti sate-sate yang lain, Sate Winong berbahan utama daging kambing muda. Umur kambing yang digunakan harus kurang dari enam bulan, sehingga daging yang dihasilkan jadi jelas empuk.

Namun ada yang berbeda dari racikan Sate Winong. Makanan khas itu dibumbui kecap yang khusus dibuat sendiri oleh pedagangnya.

Kecap khusus itu dibuat dari gula kelapa serta campuran berbagai bumbu yang tentu rahasia. Untuk menambah rasa, kecap ditaburi irisan daun jeruk nipis.

Sate disajikan dalam piring, dilengkapi bawang merah, tomat dan kadang-kadang irisan kobis. "Sejak pertama kali ada sampai sekarang, Sate Winong tidak pernah berubah, baik komposisi bumbu atau penyajiannya," kata Misbah, pedagang sate warga Desa Sutoragan Kemiri, Kamis (24/03/2016).

Sate Winong mulai ada di Purworejo sekitar tahun 1950-an. Nama sate itu sesuai dengan daerah asal pedagangnya, yakni Desa Winong Kecamatan Kemiri. Sate dijajakan keliling dan menjadi primadona masyarakat kala itu.

Tahun berganti, Sate Winong tidak kehilangan pamornya. Beberapa warga Kemiri keturunan asli pedagang Sate Winong meneruskan usaha itu. "Akhirnya banyak pedagang sate, namun sekarang jarang yang kelilingan, mereka berjualan menetap, karena sudah punya pelanggan, konsumen datang sendiri," tuturnya.

Pedagang lain, Jazim mengaku bisa menjual hingga 500 tusuk perhari. Pelanggannya berasal berbagai kota di Jawa Tengah dan Yogkakarta. Bahkan banyak juga pelanggan berasal dari Jakarta, Bandung dan daerah lain di Indonesia.

"Biasanya kalau berkunjung, atau mudik lebaran, mereka mampir beli sate," ucapnya.

Mencari Sate Winong saat ini tidak lagi susah. Penjelajah kuliner tinggal mengarahkan kendaraannya ke jalur Purworejo – Kemiri yang merupakan jalur alternatif di utara kota kecil itu. Belasan warung sate khas itu berjajar di sepanjang jalan, antara lain di Desa Seren dan Winonglor Kecamatan Gebang lalu di Desa Loning hingga Winong di Kecamatan Kemiri. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI