Sensasi Bobor Kelor, Sehat dan Segar

DAUN kelor dikenal mengandung banyak vitamin C, A, kalsium dan protein. Manfaatnya bagi kesehatan seperti membantu menyehatkan kulit, mata, meningkatkan kekebalan tubuh dan anti kanker. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) pernah menyatakan, manfaat kelor bagi kesehatan sangat banyak, sehingga dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak sampai lansia. Ketika diolah menjadi beberapa jenis sayur seperti bobor kelor pun terasa lezat.

Beberapa alasan seperti ini menjadikan pengelola lokasi kuliner Sobo nDeso di kawasan Jalan Wates, Gayam Sedayu Bantul Anjar FA dan Yunianta memilih bobor kelor sebagai menu andalan. Bobor dengan dengan kuah bersantan ini akan memberi sensai tersendiri ketika disantap dalam keadaan hangat bersama nasi hangat. Selain bobor kelor, masih ada beberapa sayuran, minuman dan makanan khas yang dijadikan andalan seperti lodeh lompong, wedang uwuh, secang, mendoan serta singkong rebus/goreng.

“Alhamdulillah, sayur bobor kelor dan lodeh lompong andalan kami bisa rutin dipesan konsumen setiap harinya. Dalam waktu tak lama lagi, kami akan menambah jenis sayur lain khas ndesa, kemungkinan tumis daun genjer, sayur jantung pisang ataupun tumis pare,” ungkap Anjar, baru-baru ini.

Bobor kelor, lanjutnya, termasuk jenis sayur berkuah santan. Selain menyegarkan juga banyak diyakini menyehatkan. Bahan baku daun kelor, masih dipadu dengan irisan pepaya muda ataupun mengkal. Bumbu-bumbu untuk kuahnya, antara lain bawang putih, bawang merah, salam, laos, temu kunci, gula merah dan garam. Idealnya disajikan dalam keadaan hangat. Sedangkan lodeh lompong, bumbu-bumbunya antara lain ada bawang merah, bawang putih, pete, rese, kemiri, salam dan laos.

“Sayur-sayur khas ndesa sengaja kami tempatkan di mangkok khusus agar tampil khas. Harganya cukup terjangkau, Rp 5.000 permangkok,” tegasnya.

Jenis masakan lainnya, seperti yang berbahan daging ayam kampung, antara lain dapat diolah menjadi wujud gulai, sate, bacem, opor dan tongseng ayam kampung. Sedangkan dari domba, misalnya ada tengkleng, sate serta tongseng. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI