Serabi Reformasi Rasa, Toppingnya Kekinian

KUE Serabi, siapapun tahu, adalah jenis makanan jajan 'medang' berbahan tepung dan kelapa, dikasih gula merah pada tengahnya, menandaskan warna merah gula kelapa dan putih tepung. Warna semangat kemerdekaan Indonesia, merah putih. Rasanya juga khas, asin-asin manis gula kelapa. Kue Serabi, jenis jajanan kue yang pastinya sudah sangat populer bagi kita, karena rata-rata sudah pernah mencicipinya.

Namun penjual kue serabi kini boleh dibilang kian sulit dicari. Eni Setiatun, satu-satunya penjual serabi di kota Ajibarang yang biasa mangkal di sebelah timur eks terminal bus Ajibarang sadar jika era Millenium ini diperlukan inovasi dan variasi makanan. "Jualan serabi pun ternyata harus dengan reformasi. Ini agar tidak tergerus zaman. Jadilah aku membuat serabi renovasi, dengan ciri khusus dalam memiliki varian rasa kekinian" kata Eni yang lebih dikenal sebagai Eni Ajibarang, Minggu (14/8/2016).

Ia mengaku sudah setahun ini membuka usaha kue serabi. Dan ia bikin kue serabi dengan tambahan topping sosis, mayones dan lain sebagainya agar anak zaman sekarang tertarik sekaligus menyukainya. Meski ia tetap membuat serabi original dengan gula merah sebagai toppingnya.

Seolah tidak mau ketinggalan dengan maraknya media sosial, Eni dan suaminya Ridho mempromosikan kue serabi di facebook. “Kami sengaja promosikan melalui jejaring sosial facebook,” jelasnya. Bahkan, di profilnya tertulis pekerja bakul serabi.

Menurut Eni, promosi melalui jejaring media sosial ini cukup efektif. Itu dibuktikan dengan banyaknya pembeli dari luar kota Ajibarang."Setiap pembeli yang mampir selalu diajak ngobrol sambil nunggu serabi pesanannya matang. Kebanyakkan mereka tahu serabi kami dari FB,” katanya.

Agar terasa khas, ia memasaknya pakai tungku dan kayu bakar, tidak pakai kompor gas. “Meski masaknya harus lebih sabar, pasalnya nunggu sampai matang agak lama, tapi pakai tungku dan kayu bakar aroma dan rasa serabi lebih nasionalis dan enak, Ini mau 17-an, serabi reformasi makin laris. Merdeka !!” ujarnya.(Ero)

BERITA REKOMENDASI