Soto ‘Sami Remen’, Rahasia Sedapnya Ada di Ayam Jago

SOTO Sami Remen, salah salah soto legendaris di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Bantul. Soto ini didirikan tahun 1969 dan dikelola hingga kini oleh Ibu Purwasami (74) atau akrab dipanggil Bu Sami. 

Sami Remen Kental Aroma Masa Lalu

Soto ini sudah ada sejak jalanan di Bantul belum beraspal. Sang pemilik menceritakan saat dulu berjualan menggunakan jam gerobak karena dahulu sangat jarang yang mempunyai jam. 

Jam gerobak berbunyi berarti sudah pukul 9. Dahulu masih menggunakan trium, dian petromak dan dulu masih dipikul. 

Suasana Soto Remen di Bantul

Suasana warung soto ini sangat khas dan masih mempertahankan desain interiornya yang njawani. Tidak hanya itu sang pemilik yakni Ibu Sami juga yang meracik soto dengan berpakaian tradisional. Memakai kutubaru dan tapih (jarik) yang khas. 

Pelanggan dari orang kantoran hingga masyarakat biasa. Keberadaannya bisa dikatakan legendaris karena merupakan soto tertua di Bantul yang masih eksis. 

Saat musim liburan tiba pengunjung akan semakin meningkat. Tidak sedikit yang datang untuk bernostalgia karena di masa lalu pernah menjadi pelanggan di Soto Sami Remen. 

Rahasia Sedapnya Soto Sami Remen Ada di Ayam Jago

Soto Sami Remen mempunyai ciri khas pada daging yang digunakan yaitu ayam jawa. Bukan sekadar ayam kampung, tapi yang digunakan adalah ayam jago
memilih ayam jago yang harganya 140 sampai 150 ribu, dipilih yang berukuran besar. 

Ayam jago dipilih yang tua karena daging sudah kenceng dan enak dijadikan irisan soto. Apabila ayam jago masih muda dagingnya sedikit dan  hanya besar tulangnya saja. 

Baca Juga : 

SOTO LEGENDARIS
Musim Hujan, Soto Pak Gimin Layak Jadi Pilihan

Soto yang menggunakan ayam jago ukuran besar termasuk jarang sehingga bagi Anda penikmat soto dengan cita rasa berbeda, menu soto Sami Remen sangat cocok. Bagi yang menyukai cita rasa manis, soto ini cocok untuk dinikmati, karena rasanya yang manis dan segar. Soto yang berisi kubis, bihun lembut, sledri ini rasanya sedap.
 
Apalagi Bu Sami memasaknya menggunakan kayu bakar sehingga aroma dan rasanya semakin sedap. Ditambah dengan menu pendamping lain seperti kerupuk mie, emping, peyek, kripik tempe, tahu bacem dan bakwan dapat menambah nikmatnya Soto Sami Remen. 

Menu minuman yang khas juga ada sarsaparela. Sarsaparela ini juga banyak dicari pengunjung. Kurang dari satu bulan biasanya sudah habis 40 botol.

Soto Sami Remen buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Harga soto Sami Remen Rp 7.500 dan sarsaparela seharga Rp 8.000, sangat terjangkau. 

Tak lengkap rasanya jika liburan di Yogya, khususnya ke Bantul jika tidak mampir ke Soto legendaris Sami Remen di Jalan KH. Wahid Hasyim tepatnya perempatan Gose ke selatan kiri jalan dari arah utara. 
(Lufti Nuraini Ismawati)

BERITA REKOMENDASI