Begini, Keindahan Pesona Watu Tumpang Hutan Pinus Kalilo

PERBUKITAN  Menoreh membatasi sisi timur Kabupaten Purworejo dengan Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Sebagian puncak gugusan bukit kapur itu terletak di Purworejo. Keadaan alam inilah yang akhirnya memberi keuntungan bagi masyarakatnya.

Berkat Menoreh, Purworejo menjadi surga keindahan. Bagaimana tidak, ada banyak tempat untuk melihat pemandangan matahari terbit. Topografi di ketinggian itu membuat banyak tempat bisa disulap menjadi objek wisata yang instagramable. 

Salah satunya adalah Hutan Pinus Kalilo di Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing. Ada banyak spot foto yang unik, bahkan beberapa viral di media sosial. Hutan Pinus Kalilo bisa dikatakan objek dengan potensi beragam. Selain hutan pinus yang rimbun yang dibatasi jurang, ada keunikan lain yakni konfigurasi batu alami yang dikenal dengan Watu Tumpang.
  
Watu Tumpang adalah batu berukuran tinggi sekitar empat meter, panjang enam meter dan lebah tidak kurang dari dua meter, yang bertumpu atau temumpang di atas batuan lebih kecil. "Uniknya, meski
berbobot puluhan ton, namun tetap berdiri kokoh di atas batu tumpuannya," tutur Ketua Pengelola Objek Hutan Pinus Kalilo Waljuniyanto, kepada KRJOGJA.com, Sabtu (31/3).
  
Selain itu, terdapat juga tiruan Rumah Hobbit seperti dalam filmLord Of The Ring, yang dinamai Rumah Ngapus. Disebut Rumah Ngapus karena bangunan kayu itu hanya apus-apusan atau bohong, bukan rumah sebenarnya. Sejumlah selfie deck dibangun pengelola di atas pohon pinus. Tentu
teknik yang mereka terapkan, bukan teknik yang merusak pohon, misalnya dengan menghindari penggunaan paku.

Hutan Pinus Kalilo juga menawarkan pemandangan sunrise atau matahari terbit. Sinar emas matahari pagi dapat dilihat apabila cuaca cerah. Jika beruntung, wisatawan bakal mendapat 'paket' pemandangan matahari terbit dan kabut putih yang menyelimuti permukiman di bawah bukit. Berbagai keunikan itu menjadi buruan pengunjung. Ratusan pengunjung selalu memadati objek saat liburan.  (Jas)

BERITA REKOMENDASI