Mengenal Travel Photo Blogger Barry Kusuma

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Travel photo blogger papan atas Indonesia, Barry Kusuma ikut buka suara di forum Rakornas III Pariwisata ‘Go Digital Be The Best’ 2016. Di hadapan sekitar 500 stakeholder pariwisata yang hadir di Ecopark, Ancol, Jakarta itu, Barry tak segan membagi pengalaman kesuksesannya saat bergelut dengan dunia digital tourism dalam talk show yang dimoderatori Prita Laura salah satu presenter.

Barry Kusuma mungkin masih belum banyak dikenal, namun di jagat dunia maya namanya cukup melangit. Foto-foto traveling yang dipostingnya di social media www.alambudaya.com selalu nampak indah dan membuat siapapun seolah ikut masuk di dalamnya.

BarryKusuma.com atau akun http://www.gettyimages.com/ yang beriisikan foto Barry yang lebih premium dan akun media sosial, yakni Twitter dan Instagram @barrykusuma. Semua foto dan video yang diunggahnya sudah banyak mendapat penghargaan, tak hanya dari Indonesia tapi juga dunia.

“Saya rajin mengeksplor dunia maya, akrab dengan digital. Setiap media sosial itu juga punya segmentasi sendiri,” kata Barry Kusuma.

Saat masuk Jurusan Ekonomi Universitas Trisakti pada tahun 2000, tak terbayang dibenak seorang Barry Kusuma untuk menjadi travel photographer. Hingga lulus kuliah, tahun 2005-2006 sekali pun, Barry mengaku masih galau menggeluti travel photographer.

Saat itu, profesi ini belum banyak dan belum menghasilkan. Yang bisa dilakukannya, hanya memotret untuk komersial seperti kalender, company profile dan lain-lain. Hasilnya tidak terlalu besar.  “Akhirnya saya coba menggunakan social media. Saya pilih ini karena cakupannya lebih luas untuk anak muda," tambah Barry.

Seringnya Barry bercerita mengenai perjalanan mengeksplore Indonesia melalui blog pribadinya, membuat nama Barry Kusuma naik daun di kalangan pecinta fotografi. Sebab dia tidak hanya berbagi melalui kata, tapi juga berbagi melalui foto-foto dan video. Berkah lainnya, karya fotografi Barry juga ikut dilirik Kementerian Pariwisata, dimana dia menjadi salah satu fotografer di akun parawisata digital yang bernama Fotografer Indonesia Travel.

Bagi yang memperhatikan, karya pria yang pernah menerima penghargaan sebagai ‘Creative Tourism Ambassador’ dari Kementrian Pariwisata ini lebih banyak mengabadikan pariwisata Indonesia. “Mimpi saya adalah menyelamatkan pariwisata Indonesia yang begitu indah. Caranya ya lewat memotret, menulis, membuat video dan membaginya di blog, Facebook, Instagram, Twitter, Flickr dan Google+,” tambahnya.

Dengan Go Digital, Barry mengaku tak kerepotan mengerjakan pekerjaan yang rumit karena semua bisa dilakukan dengan ‘one man show’. Berbekal dari semangat Go Digitalnya, Barry Kusuma kini didapuk menjadi salah satu kontributor Getty Image dari Indonesia. Namanya sudah terdaftar dalam salah satu agensi stok foto terbesar di dunia itu.

Selain sibuk menjadi kontributor Getty Image, Barry juga disibukkan dengan menjadi fotografer Indonesia Travel, sebuah akun Pariwisata digital milik Kementerian Pariwisata. Dia didaulat untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dengan menggunakan foto-foto yang ia abadikan dan dipublikasikan di semua akun Indonesia Travel, mulai dari blog, sampai akun media sosial.

Dari sini, ayah satu anak itu kini sering mendapat undangan dari dinas pariwisata, baik dalam maupun luar negeri, untuk memotret dan mempromosikan keindahan sebuah destinasi. Barry Kusuma pun menjadi langganan Kementerian Pariwisata untuk ikut mempromosikan berbagai destinasi di Nusantara. (*)

BERITA REKOMENDASI