Pariwisata Jadi Motor Ekonomi Jabar

Taufik juga memaparkan strategi yang dilakukan Pemprov Jawa Barat menjadikan pariwisata sebagai lokomotif ekonomi di Jabar yakni semua aspek perencanaan fokus pada pariwisata. Serta semua tempat harus jadi destinasi wisata.

Ditambahkan, membangun pariwisata dalam 3 tipe yang dilakukan, yakni pariwisata tipe 1 yakni destinasi yang sudah ada seperti Gedung Sate yang dijadikan destinasi wisata Tipe 2, destinasi wisata yang memerlukan ekstra pembiayaan lebih seperti Waduk Darma. Tipe 3, membangun Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata seperti Cikidang, Sukabumi. Adanya peningkatan SDM termasuk Pokdarwis.Serta mengembangkan desa wisata. “Tidak seperti Bali, kami lebih fokus pada wisatawan domestik. Ini peluang karena ada 62 juta wisatawan domestik yang berkunjung ke Jabar dan ada spending di situ,” ujarnya.

Saat ditanyakan terkait upaya yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, Hermansyah selaku Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Provinsi Jawa Barat menjawab bahwa “Yang menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini adalah membangun public trust terkait apa saja upaya yang telah dilakukan pemerintah. Masyarakat perlu diperlihatkan berbagai pencapaian yang dilakukan pemerintah, seperti misalnya kini Jawa Barat telah mampu membangun banyak fasilitas kesehatan, memperbanyak test Covid-19, produksi APD & produksi mesin ventilator.” (Lmg)

BERITA REKOMENDASI