Presiden Jokowi Terkesan KK Pesona Danau Toba

TOBA (KRjogja.com) – Dua hari pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di Balige dan Parapat, cukup membuat Presiden Joko Widodo membuat simpulan. Kawasan danau supervolcano terbesar di dunia, sangat berpotensi dikembangkan menjadi destinasi kelas dunia.

"Jangan berhenti sampai di sini, tahun depan harus dilanjutkan karnaval lagi," harap Presiden Joko Widodo sebelum menabuh gondang tanda pawai budaya dari Soposurung menuju Simpang Sibulele, Balige, Tobasa, 21 Agustus 2016 lalu.

Apresiasi Presiden Jokowi itu diungkapkan berkali-kali. Danau Toba punya atraksi alam (nature) yang sangat kuat. Levelnya sudah dunia, dan tidak perlu diragukan lagi. Danau yang terbentuk dari ledakan gunung api itu termasuk 10 besar danau terdalam di dunia. Nomor 2 terluas, setelah Victoria Lake di Afrika. Dan Nomor 1 terbesar, danau yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik atau erupsi, sekitar 75.000 tahun silam.

Salah satu faktor yang bisa membuat kawasan Danau Toba lebih bagus adalah penanaman kembali pohon di bukit-bukit seputar danau. Jangan ada pembalakan liar termasuk perusakan dan penebangan hutan lagi. “Menanam 1 juta pohon harus hidup 1 juta pohon juga,” kata Mantan Gubernur DKI dan Walikota Solo itu, saat melakukan penanaman pohon di Danau Toba.

Soal culture, Presiden Jokowi menyebut keunikan budaya masing-masing suku itu sangat indah dan menarik buat wisatawan. Dalam berbedaan suku, adat istiadat dan budaya itu justru akan menguatkan karakter masing-masing suku. "Tidak perlu dipertentangkan, tetapi justru harus menjadi satu kekuatan yang solid. Bangsa ini dibangun dalam fondasi perbedaan,” kata presiden, yang mengacu pada prinsip Bhinneka Tunggal Ika itu.

Bupati Rapidin juga berterima kasih, Maret 2016 lalu, Presiden Jokowi sudah memutuskan untuk membangun jalan ring road Samosir dan jembatan di salah satu daerah Samosir. Saat ini terus berproses. "Kami juga berterima kasih atas suplai energi listrik dari 5 megawatt akan jadi 30 megawatt,"lanjut Rapidin.(*)

 

BERITA REKOMENDASI