Generasi Muda Diajak Aktif Lestarikan Lingkungan Lewat 'Candi Darling from Home'

user
danar 07 April 2021, 18:01 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Melalui program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling), Bakti Lingkungan Djarum Foundation meluncurkan Candi Darling from Home. Candi Darling from Home ingin mendorong generasi muda agar terus aktif melestarikan lingkungan dengan cara-cara kreatif.

Candi Darling from Home merupakan adaptasi program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) yang kini diselenggarakan secara daring. Ada tiga candi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipercantik dan dihijaukan melalui kegiatan ini, yakni Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong.

Candi Darling from Home adalah movement untuk generasi milenial agar terlibat dalam pelestarian warisan sejarah candi peninggalan berharga leluhur bangsa. "Gerakan ini lanjutan Candi Darling yang telah menghijaukan dan mempercantik candi di Indonesia," kata Mutiara Asmara, Communication Director Djarum Foundation, Rabu (7/4/2021).

Beberapa candi yang telah dihijaukan dan dipercantik Candi Darling diantaranya Candi Prambanan, Situs Ratu Boko, Candi Ijo dan Candi Gedong Songo. Program ini merupakan inisiasi guna melanjutkan kegiatan Candi Darling yang sudah dijalankan Bakti Lingkungan Djarum Foundation sejak 2019.

Kegiatan ini akan mendorong anak-anak muda untuk tetap peduli terhadap penghijauan lingkungan candi dengan cara-cara yang inovatif. "Program ini akan dilaksanakan hingga 2025 dan diharapkan mencakup penghijauan seluruh candi di Indonesia," kata Mutiara Asmara.

Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation Tania Anggriani Arbi menyatakan, mekanisme pelaksanaan Candi Darling from Home berlangsung daring.

Anak-anak muda peduli lingkungan yang ingin berpartisipasi bisa mengunggah kegiatan peduli lingkungan di akun media sosial dengan tagar #CandiDarlingFromHome. Mereka juga diminta menuliskan tag akun resmi @siapdarling.

"Setiap satu postingan akan dihitung sebagai donasi satu bibit pohon yang akan ditanam di kawasan Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong," kata Tania Anggriani.

Selain itu, aksi dan wujud cinta lingkungan juga dapat dilakukan dengan kegiatan lari dan bersepeda yang akan dikonversi menjadi satu buah bibit pohon.(Cdr)

Credits

Bagikan