Nikmatnya Santap Ikan Segar di Labuan Bajo

user
tomi 26 Juni 2016, 16:53 WIB
untitled

KALAU di sini ikan baru mati sekali. Tidak seperti di Jakarta yang sudah mati berkali-kali. Kata-kata itu acap didengar di Kampung Ujung, pusatnya kuliner seafood di tepian pantai dekat dermaga wisata Labuan Bajo. Apa maksudnya? Kalau ikan-ikn kakap merah, kerapu macan, gorapa merah, dan lainnya di Jakarta itu pasti sudah beberapa hari ditangkap nelayan, lalu diawetkan, dibekukan, dan ditampilkan di display.

"Kalau di Labuan Bajo, langsung disupplay dari nelayan yang baru saja menangkap ikan dari laut. Insangnya masih segar, warna dan bentuknya masih fresh. Baru sekali mati, belum disimpan lama-lama di freesher atau cold storage,” jelas Menpar Arief Yahya menjelaskan makna 'Ikan Labuan Bajo baru mati sekali itu'.

Menpar mengajak wisatawan untuk bersntap aneka makanan laut segar itu di Seafood Wisata Kuliner Kampung Ujung mulai dari berbagai jenis Kerapu, Cumi, Kakap Merah, Udang, Kepiting, dan masih banyak lagi. Adapun pilihannya beragam mulai dari dibakar, digoreng, dikuah asam, saus tiram, dan banyak lagi. Ada juga Ikan Kuah Asam Philemon di sebelah pelabuhan PELNI Labuan Bajo. Selain berfungsi sebagai dermaga khusus, Philemon juga menawarkan kuliner seafood khas Labuan Bajo.

"Ikan Kuah Asam khas Labuan Bajo berwarna kuning dan segar. Ikan segar yang disajikan dalam kuah asam pedas, sangat menggugah selera. Kuliner ini bisa didapatkan juga di kuliner Kampung Ujung atau Restoran Budi Luhur. Ada juga Chicken Cordon Blue Pesona Bali yang menawarkan berbagai jenis kuliner olahan seafood dan western. Salah satu menu yang menarik adalah Chicken Cordon Blue, dimana bagian dada ayam berisi keju dibalut tepung panir dan disajikan dengan berbagai sayuran," papar Menpar.

Menpar menjelaskan pilihan lokasi lain guna menikmati kuliner khas daerah ini di Sunset & Live Music Paradise Bar. Paradise Bar merupakan salah satu spot melihat sunset terbaik di Labuan Bajo. Terletak di tebing, wisatawan bisa melihat terbenamnya matahari dengan view kapal-kapal wisata yang berlabuh sambil menikmati minuman dingin, jus, maupun kopi hitam Flores. Lalu Coto Makassar Gorontalo, Cafe in Hit dan Artomoro. Selanjutnya Gorengan Simpang PedeSeafood TreeTop dan Sop Buntut Blue Corner

"Kalau cari sop buntut, semua orang pasti sarankan ke Blue Corner. Sop Buntut dengan kuah yang sedap ini sangat digemari wisatawan maupun penduduk lokal sehingga sering kehabisan jika tidak cukup cepat. Pilihan lainnya Italian Food Mediteraneo yang menawarkan berbagai menu western dan seafood olahan chef yang disusun mulai dari appetizer, main dish, dan desert." (*)

Kredit

Bagikan