10 Destinasi Wisata Solo ini Layak Dikunjungi

user
tomi 20 Juni 2016, 16:21 WIB
untitled

SOLO (KRjogja.com) - Solo memiliki julukan paling lengkap seperti Kota Bengawan, Kota The Spirit of Java, Kota Angkringan (Hik) sampai Kota-nya Presiden Joko Widodo sehingga tidak sulit menemukan objek wisata menarik di kota ini.

"Selain banyak destinasi menarik, juga banyak event berkelas di Solo. Mencari Pesona Lebaran Solo saat mudik tidaklah sulit. Kota Solo atau disebut juga Surakarta itu mirip Jogja, sama-sama kota Budaya," kata Menpar Arief Yahya di Jakarta, Senin (20/06/2016).

Menpar menjelaskan beberapa destinasi itu adalah Grojogan Sewu Tawangmangu, Ngarsopura Solo dan Taman Balekambang. Selanjutnya Keraton Surakarta, disusul Museum Batik Danar Hadi. Keenam adalah Tugu Lilin. Lalu, Taman Sriwedari, Pasar Klewer, dan terakhir  Museum Manusia Purba Sangiran. Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan tempat wisata di Solo kategori wisata alam yang paling terkenal.

Menurut Menpar berada di sisi barat Gunung Lawu, Grojogan Sewu Tawangmangu adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan menyimpan jutaan misteri. Lokasinya tidak jauh dari kota Solo, hanya sekitar 37 KM di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar.

"Kalau diteruskan, naik lagi sampai Cemara Sewu, lokasi start pendakian Lawu, dan kalau dilanjutkan sampai ke Sarangan, Magetan.

Ngarsopuro adalah kawasan pedestrian yang ditata secara artistik dan sungguh nyaman sebagai tempat nongkrong bagi kawula muda," ungkap Menpar.

Selanjutnya, kata Menpar Taman Bale Kambang di dekat Terminal Tirtonadi, Stasiun Balapan dan Stadion Sepak Bola Manahan. Taman ini cukup bersejarah dan dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu serta Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka.

"Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008. Untuk masuk Keraton Solo yang sangat eksotis, tiketnya tidak mahal. Wisatawansudah dapat berkeliling menikmati koleksi benda kuno di museum." (*)

Kredit

Bagikan