7 Tempat Wisata Gratis di Jogja, Cukup Bayar Parkir

user
Ary B Prass 23 September 2022, 15:57 WIB
untitled

Krjogja.com - Sebagai destinasi wisata, Yogyakarta memang menawarkan berjuta pesona. Mulai dari pemandangan alam, pantai, gunung, sejarah, wisata edukatif hingga kekinian.

Yogyakarta juga dikenal dengan tempat wisata yang murah, meski bukan murahan, yang jelas harganya terjangkau. Bahkan di beberapa destinasi malah gratis. Anda cukup bayar parkir berkisar antara Rp 2.000 - 3.000 (motor) dan Rp 5.000 - 10.000 (mobil), kalau mengunjungi tempat-tempat ini.

Berikut beberapa tempat wisata gratis yang bisa kamu kunjungi di Yogyakarta:

1. Titik Nol Yogyakarta
Titik Nol Yogyakarta merupakan tempat berkumpulnya para wisatawan dan warga setempat. Paling asyik nongkrong di sini saat sore hari. Titik Nol juga telah menjadi wisata kekinian yang semakin menyenangkan.

Fasilitasnya juga sudah mulai ditingkatkan, ada tempat duduk, halte bus, marka jalan, dan kondisi jalannya. Asyiknya lagi, kamu bisa menikmati berbagai pertunjukan seni dengan gratis di sini.

Lokasi: Jalan Pangurakan Nomor 1, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan. Jam operasional: 24 jam.

2. Jalan Malioboro
Dari Titik Nol, Kamu juga bisa jalan kaki ke arah Utara menuju Jl Malioboro. Jalan ini selalu menjadi tempat berkumpulnya wisatawan di Yogyakarta. Jangan lupa mampir ke Teras Maioboro 1 dan Teras Malioboro 2 untuk mencari berbagai buah tangan. Ada batik, bakpia, makanan khas. Di Jalan Malioboro ini kamu juga bisa jalan-jalan naik kuda atau becak. Jam operasional: 24 jam

3. Tugu Yogyakarta
Misal sudah jenuh di Jalan Malioboro, tak ada salahnya kamu jalan kaki lagi ke Utara, kali ini menuju ke Tugu. Kamu bisa ke sini dengan berjalan kaki. Dulunya monumen ini digunakan Sultan Yogyakarta sebagai patokan arah menghadap puncak Gunung Merapi.

Tugu Yogyakarta juga kerap disebut dengan Tugu Pal Putih. Biasanya, orang-orang paling senang datang ke sini saat malam hari.

Lokasi: Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta, Jam operasional: 24 jam

4. Kotagede
Daerah ini merupakan penghasil kerajinan perak. Banyak wisatawan datang untuk berbelanja maupun melihat proses pembuatan perak. Kotagede merupakan kawasan bersejarah yang memiliki julukan The Old Capital City. Daerah ini merupakan asal mula lahirnya kerajaan Mataram Islam.

Oleh karena itu, saat jalan-jalan di kawasan Kotagede akan banyak menemukan bangunan tua yang di bangun sekitar tahun 1930 dengan arsitektur yang berbeda dan unik. Struktur bangunan di sini sedikit berbeda dengan rumah Jawa pada umumnya. Kebanyakan di kelilingi tembok yang tebal dan tinggi. Itu merupakan ciri bangunan peninggalan kerajaan Mataram Islam sebagai bentuk pertahanan. Kini, bangunan-bangunan bersejarah tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan dan dijadikan spot foto yang menarik. Berikut 10 spot foto terbaik yang ada di Kotagede.

5. Alun-alun Kidul
Alun-alun Kidul alias Alkid bisa menjadi alternatif hiburan malam yang murah meriah. Kamu bisa melakukan banyak hal menyenangkan di sini. Mulai dari wisata kuliner, bermain mobil kayuh, hingga ritual masangin.

Meski sekadar mitos, tetap banyak orang penasaran dan mencoba berjalan di antara dua beringin dengan mata tertutup.

Lokasi: Jalan Alun-alun Kidul, Patehan, Kecamatan Keraton. Jam operasional: 24 jam

6. Bukit Bintang
Bukit Bintang menawarkan pemandangan yang menarik. Kamu bisa menikmati pesona kecantikan Yogyakarta dari atas bukit. Sesekali akan ada pesawat yang terlihat take off atau landing dari Bandara Adisucipto. Saat malam, Bukit Bintang akan membuatmu takjub dengan citylight Yogyakarta. Keberadaanmu pun seakan dekat dengan gugusan bintang.

Lokasi: Area Kebun, Srimulyo, Patuk, Gunung Kidul. Jam operasional: 24 jam

7. Studio Gamplong
Bagi penggemar film, ada baiknya kamu berkunjung ke Studi Gamplong. Tempat yang dibangun Hanung Bramantyo ini pernah menjadi lokasi syuting film Bumi Manusia dan Sultan Agung:The Untold Love Story.

Berada di lahan seluas dua hektare, Studio Gamplong terdiri dari banyak bangunan semi permanen untuk kebutuhan syuting, seperti pendopo, gerbang, keraton, benteng, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lokasi: Studio Alam Desa Wisata Gamplong, Jalan Gamplong Nomor 1. Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB. (*)

Credits

Bagikan