Cerita Kopi Aren Toraja Buat Jatuh Cinta Delegasi G-20

user
Danar W 30 September 2022, 16:50 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Delegasi G-20 yang baru saja menggelar pertemuan di Hotel Marriot Yogyakarta mendapatkan sajian minuman istimewa selama berkegiatan dua hari di Yogyakarta. Minuman bernama Kopi Aren Toraja dengan bahan-bahan dari berbagai daerah hasil racikan anak muda Indonesia berhasil menyita perhatian delegasi dari 20 negara dunia yang datang ke Yogyakarta.

Adalah sosok Ade Herlambang, Research and Development Mixology Excelso, yang meracik Kopi Aren Toraja yang disajikan tersebut. Ade menceritakan, butuh waktu tiga hari untuk meracik minuman yang disajikan untuk delegasi G-20 itu.

“Saya cari formulasinya tiga hari, pakai kopi Toraja Kalosi, dengan gula aren. Seluruh bahannya dari Indonesia. Kopi jelas dari Toraja dan gula arennya akhirnya terpilih dari Jawa Barat setelah saya mencoba hampir 12 jenis,” ungkapnya ketika berbincang, Jumat (30/9/2022).

Selama menyajikan di ajang G-20, Ade menemukan situasi menarik saat wakil negara dari Dubai dan Arab Saudi jatuh cinta dengan kopi racikannya. Betapa tidak, dalam satu hari mereka bisa meminum berulang kopi tersebut hingga 6 kali.

“Kemarin total kami buat 500 cup dalam dua hari. Itu hanya untuk Toraja Aren saja ya. Kami sangat senang karena delegasi asing sangat suka, dari Dubai dan Saudi Arabia sehari bisa sampai minum 6-8 kali. Kalau Eropa lebih banyak order ke hot latte,” sambungnya.

Kopi yang digunakan menurut Ade diambil dari kebun milik Kapal Api di Kalosi Tana Toraja, yang dinilai salah satu penghasil kopi Arabica terbaik di Indonesia. Kopi jagoan Excelso ini diperhatikan dengan baik mulai dari pohon hingga diolah menjadi minuman.

Kopi Toraja jenis Arabica sendiri memiliki ciri khas rasa keasaman segar. Tak heran jika kemudian dipadukan dengan aren, sehingga rasanya menjadi cocok.

“Kopi Aren Toraja ini saat ini belum kami lepas ke konsumen secara umum, baru nanti tanggal 15 Oktober. Memang secara khusus kami racik untuk disajikan pada delegasi G-20 terlebih dahulu. Kami ingin merepresentasikan Indonesia melalui kopi,” pungkasnya. (Fxh)

Kredit

Bagikan